Pengembangan Sistem Informasi Penelitian LPPM Universitas Jenderal Achmad Yani Dengan Agile SDLC

Ridwan Ilyas(1*), Yulison Chisnanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi. Dalam mengelola penelitian dosen, diperlukan sistem yang dapat membantu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Proses penelitian dilakukan mulai dari pengajuan, seleksi, pelaksanaan, evaluasi serta pelaporan. Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) memiliki konsentrasi yang besar dalam penelitian, dan memberikan fasilitas penuh kepada seluruh dosen untuk melakukan penelitian. Banyaknya jumlah dosen serta penelitian yang diajukan, membuat LPPM membutuhkan sistem informasi untuk membantu pekerjaan administratif. Pengembangan sistem informasi penelitian LPPM UNJANI telah dilakukan dengan metode pengembangan sistem Agile. Metode ini dipilih untuk karena memiliki kelebihan tingkat prodiktifiktas tinggi, meningkatkan kualitas perangkat lunak, meningkatkan kepuasan dan mengehemat biaya. Metode Agile cocok digunakan untuk anggota tim dalam jumlah yang sedikit dan membutuhkan waktu cepat. Penekanan metode ini dibanding metode lain adalah interaksi dan personel lebih penting dari pada proses dan alat, perangkat lunak yang berfungsi lebih penting dari pada dokumentasi, kolaborasi dengan pengguna lebih penting dari pada kontrak, serta respon terhadap perubahan lebih penting dari pada mengikuti perencanaan. Sub metode Agile yang digunakan adalah Adaptive Software Development yang menggabungkan proses Collaboration dan Learning. Collaboration artinya orang-orang yang bermotivasi tinggi bekerja sama, saling melengkapi, rela membantu, kerja keras, terampil di bidangnya, dan komunikasikan masalah untuk menyelesikan masalah secara efektif. Learning artinya tim developer sering merasa sudah tahu semua hal tentang proyek, padahal tidak selamanya begitu. Dari hasil pengembang sistem, dihasilkan perangkat lunak untuk menunjang proses penelitian dan per-review di lingkungan akademik UNJANI. Fungsionalitas utama sistem penerimaan dan pengelolaan penelitian telah dihasilkan.

Full Text:

PDF

References


P. Bhuvaneswari, "A Survey on Software Development Life," International Journal of Computer Science and Mobil, vol. 2, no. 5, p. 262 –267, 2013.

W. Royce, ""Managing the Development of Large Software Systems"," Proceedings of IEEE WESCON 26, 1970.

V. R. B. Craig Larman, "Iterative and Incremental Development: A Brief History," IEEE Computer (IEEE Computer Society) 36, no. 2013, p. 47–56.

K. F. a. H. Mooz, "The Relationship of System Engineering to the Project Cycle," in Proceedings of the First Annual Symposium of National Council on System Engineering, 1991.

Boehm, "A Spiral Model of Software Development and Enhancement," ACM SIGSOFT Software Engineering Notes, pp. 14-24, August 1986.

V. B. Craig Larman, "Iterative and Incremental Development: A Brief History," Computer (IEEE Computer Society), vol. 36, no. 6, p. 47–56, 2003.

L. R. G. A. C. Melissa McClendon, "The Analysis and Prototyping of Effective Graphical," October 1996.

H. smith, "Adaptive Software Development: A Collaborative Approach to Managing Complex Systems," New York: Dorset House, p. 392, 2000.

E. Mnkandla, "About Software Engineering Frameworks and Methodologies," IEEE AFRICON, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.