Aplikasi Perhitungan Persediaan dan Harga Pokok Penjualan Barang Dagang dengan Metode Moving Average

Ayun Nia Arfitta(1*), Joko Pramono(2), Cisde Mulyadi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketidakakuratan dan ketidaktepatan waktu dalam perhitungan persediaan dan harga pokok penjualan barang dagang dengan metode rata-rata bergerak masih menjadi permasalahan pada perusahaan yang melakukan perhitungan secara manual. Studi ini bertujuan untuk mengatasi permsalahan tersebut dengan sebuah aplikasi komputer. Studi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan dalam pengumpulan datanya. Sedangkan Metode pengembangan sistem yang dipakai dalam studi ini yaitu system development life cycle (SDLC). Studi ini menghasilkan aplikasi berbasis komputer yang mampu mencatat data keluar masuk barang dagang,
menghitung nilai persediaan barang, dan harga pokok penjualan serta menghasilkan laporan persediaan barang berdasarkan metode rata-rata bergerak (moving average) yang akurat dan tepat waktu.

Full Text:

PDF

References


Alfian Nurlifa, Sri Kusumadewi. Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky. Jurnal Inovtek Polbeng- Seri Informatika. 2017; Vol 2 (No 1): 18-25

Shinta Siti Sundari, Susanto, Wivia Revianti. Sistem Peramalan Persediaan Barang Dengan Weight Moving Average Di Toko The Kids 24. Konferensi Nasional Sistem & Informatika. Bali. 2015; 598-603.

Widya Astuti Ilyas. Sistem Akuntansi Persediaan Barang pada UD. Muslim Kampar. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. 2017. Vol 8(No 1): 1899-1908.

Rudianto. Akuntansi Koperasi edisi kedua. Jakarta: Erlangga. 2012: 233.

Veronica NPS Martani, , Farahmita Wardhani, Tanujaya. Akuntansi Menengah Berbasis PSAK. Jakarta:Salemba Empat. 2012: 245.

Hery. Analisis Laporan Keuangan. Edisi pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). 2015: 153.

Sujarweni, V. Wiratna. Sistem Akuntansi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press. 2015: 17

Hery. Pengantar Akuntansi. Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo. 2015: 580.

Al Hayono Jusup. Dasar-dasar Akuntansi. Edisi keenam. Yogyakarta: Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. 2005: 123-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.