Sistem Informasi Geografis Toko Souvenir di Pangkalpinang Berbasis Android

Dwi Yuny Sylfania(1*), Fransiskus Panca Juniawan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberadaan objek wisata menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya kota Pangkalpinang yang terkenal akan keindahan pantai. Peran serta pemerintah dan masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk mendorong promosi dan perkembangan wisata. Selain itu, untuk mendukung kemajuan wisata dibutuhkan fasilitas-fasilitas yang mampu menampung kebutuhan wisatawan. Fasilitas tersebut dapat berupa sarana, prasarana dan informasi mengenai objek wisata dan toko souvenir. Ketersediaan informasi mengenai toko souvenir dalam bentuk visualisasi sudah diterapkan dalam bentuk web sehingga mudah diakses. Namun pada saat ini, dikarenakan perkembangan kemajuan teknologi, kebanyakan wisatawan lebih memilih mengakses informasi menggunakan smartphone dibandingkan komputer atau laptop, karena lebih mudah diakses tanpa terikat ruang dan waktu. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi geografis yang disajikan dalam bentuk mobile berbasis Android untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Pemilihan teknologi sistem informasi geografis dikarenakan mempunyai kemampuan yang baik dalam pemetaan sehingga sering dipakai dalam proses perencanaan tata ruang dan dapat meningkatkan efisiensi dan ketelitian. Penelitian ini menggunakan model waterfall dan Eclipse untuk membangun aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu memberikan informasi mengenai keberadaan toko souvenir yang mampu diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone Android.

Full Text:

PDF

References


Utama, I.G.B.R. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish. 2016.

Prahasta, Eddy. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika. 2002.

Hamidi. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Masyarakat Informatika. 2011: 2(3): 1 – 14.

Ardhana, Y. M. K., Utami, Ema., Luthfi, E.T. Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Sebagai Media Informasi Pariwisata di Kabupaten Banyumas. Jurnal Teknologi Informasi. 2013: 8(24): 87 – 108.

Marlena, Deti., Aspriyono, Hari. Sistem Informasi Geografis Letak Lokasi Rumah Sakit dan Apotek Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama. 2014: 10(2): 161 – 167.

Yuwono, Bambang, Aribowo, A.S., Setyawan, F.A. Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Untuk Pariwisata di Daerah Magelang. Seminar Nasional Informatika. Yogyakarta. 2015: 68 – 74.

Sylfania, D.Y., Perkasa, B.E., Juniawan, F.P. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Toko Oleh-oleh dan Souvenir Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Seminar CITISEE. Purwokerto. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.