Implementasi Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Lokasi SPBU di Pangkalpinang Berbasis Android

Lukas Tommy(1*), Yohanes Setiawan Japriadi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagian besar masyarakat khususnya yang berasal dari luar Pangkalpinang belum mengetahui lokasi SPBU(Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Pangkalpinang. Salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan diatas adalah dengan penerapan GIS (Geografic Information System) pada aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi yang akan dirancang dapat digunakan pengguna dalam menemukan lokasi SPBU terdekat di wilayah Pangkalpinang. Algoritma pencarian jalur terpendek yang digunakan adalah algoritma dijkstra karena sesuai untuk diimplementasikan. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall, sedangkan metode penelitian menggunakan metode berorientasi obyek. Alat bantu pengembangan sistem yang digunakan adalah UML (Unified Modelling Languange). Aplikasi yang telah dibuat kemudian diuji menggunakan model pengujian black box. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa akurasi dari aplikasi yang dibuat dalam menentukan jalur terpendek ke SPBU adalah sebesar 73,33%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat cukup baik dan dapat membantu masyarakat dalam mencari jalur terpendek ke SPBU terdekat.

Full Text:

PDF

References


Pugas, D. O., Somantri, M., dan Satoto, K. I. Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dan Astar (A*) pada SIG Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kota Sawahlunto. TRANSMISI. 2011; 13(1): 27-32.

Wijaya, H. O. L. Perancangan Aplikasi Pemetaan Lokasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kota Lubuklinggau Berbasis Goegraphic Information System (GIS) Dan Location Based Service (LBS). Jatisi. 2017; 3(2): 85-94.

Ardana, D., dan Saputra, R. Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016). Semarang. 2016: 299-306.

Djojo, M. A., dan Karyono. Pengukuran Beban Komputasi Algoritma Dijkstra, A*, dan Floyd-Warshall pada Perangkat Android. ULTIMA Computing. 2013; 5(1): 13-17.

Bassil, Y. A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET). 2012; 2(5)

Jiang, F., dan Lu, Y. Software testing model selection research based on Yin-Yang testing theory. 2012 International Conference on Computer Science and Information Processing (CSIP). Xi’an, Shaanxi. 2012: 590-594.

Nugroho, A. Analisis dan Pemrograman Berorientasi Objek. Ed. 2. Bandung: Informatika. 2004.

Nugroho, A. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.