Pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan Menggunakan Metodologi FAST

Elly Yanuarti(1*), Sarwindah Sarwindah(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan komputer pada kantor BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk proses pengolahan data kebencanaan masih belum optimal. Begitu juga dengan proses penyimpanan data kebencanaan yang masih rentan terjadinya kehilangan dan kerusakan karena masih berupa tumpukan kertas dalam lemari penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi untuk mendukung kebutuhan pengolahan data kebencanaan. Metodologi pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan model FAST (Framework for the Application of System Thinking) sedangkan metode analisa dan perancangan menggunakan Metode Berorientasi Objek dengan UML(Unified Modelling Language). Hasil yang dicapai berupa rancangan aplikasi untuk mendukung dan memperlancar pengolahan data kebencanaan baik dari sisi input, proses maupun menyediakan output yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan guna mencegah dan mengurangi resiko bencana.

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 07 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Data dan Informasi Bencana Indonesia. Jakarta. 2012.

Fachrul Fikri, dkk. Pengembangan Sistem Informasi Kejadian Bencana Berbasis Web di Aceh (Contoh: Data dan Informasi Bencana Aceh). Seminar Nasional Informatika (semnasIF). Yogyakarta. 2011; hal: 108-114.

Andre dkk. Sistem Informasi Penanggulangan Bencana Alam Di Kota Padang Panjang Berbasis Web Didukung Dengan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MYSQL. Jurnal KomTekInfo. 2015; Vol. 2 No. 2.

Adhi Susano, dkk. Implementasi Sistem Informasi Rekam Medis Dengan Menggunakan Pendekatan FAST (Framework for the Application of System Techniquest) Untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan Rumah Sakit Umum di Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (SENTIKA 2014). Yogyakarta. 2014; hal 352-360.

Whitten, L.J. et al. Metode Design dan Analisa Sistem. Edisi 6. Yogyakarta : Andi Offset. 2004.

Rosa A.S, M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.