Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dalam Pemilihan Dosen Favorit Berbasis Web

Hamidah Hamidah(1*), Okkita Rizan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


STMIK Atma Luhur adalah perguruan tinggi komputer yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Setiap Perguruan tinggi pasti membutuhkan pengajar yang dinamakan dengan dosen. Dosen adalah salah satu tenaga pengajar yang akan memberikan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa. STMIK Atma Luhur terdapat banyak dosen.Untuk itu, perlu sistem pemilihan dosen favorit agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menghasilkan mahasiswa yang ahli dibidangnya sesuai dengan konsentrasi yang diambil. Saat ini, sistem pemilihan dosen favorit masih dilakukan secara manual melalui kuesioner yang sudah diisi oleh mahasiswa melalui web tetapi belum ada sistem khusus dalam penentuan pemilihan dosen favorit. Untuk itu, sangat dibutuhkan sistem dalam pemilihan dosen favorit agar dapat lebih tepat sasaran tidak hanya berdasarkan kuesioner yang diisi oleh mahasiswa tetapi ditambahkan dengan kriteria yang lain sehingga lebih valid. Dalam sistem pemilihan dosen favorit menggunakan metode SAW dengan kriteria penilaian mahasiswa, JJA, penelitian, PKM dan kedisiplinan. Sistem ini dibuat menggunakan PHP dan Mysql.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Rini Puspito Puput, Dedi dkk. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Berbasis Web Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) (Studi Kasus: STMIK Global Tangerang).Jurnal Sisfotek Global. September 2015; vol 5 No.2: halaman 100-108.

Kurniawan, Didik dkk. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting di Lingkungan Universitas Lampung. Jurnal Komputasi.2015; vol 3 No.2: halaman 91-98.

Mufizar, Teuku. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) CSRID Journal, Vol.7 No.3 Oktober 2015, Hal. 155-166

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R., Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta 2006.

Betha, Sidik. dan Husni I Pohan, Pemrograman Web Dengan HTML, Informatika Bandung, Bandung, 2012.

Raharjo, Budi. “Mudah Belajar PHP Teknik Penggunaan Fitur-Fitur Baru Dalam PHP 5” informatika bandung: 2015.

Marimin dan Nurul Maghfiroh. “Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok”, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.