Penerapan Metode FAST (Framework Aplication System Thinking) Untuk Peningkatan Pelayanan Air Bersih Kapal Sandar

Okkita Rizan(1*), Hamidah Hamidah(2), Destian Pramana(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk kebutuhan air bersih bagi kapal yang sedang bersandar di dermaga, PT. Pelindo II Pangkalbalam melalui Koperasi Karyawan Pelabuhan menyediakan jasa untuk menyediakan air bersih menggunakan kendaraan khusus untuk mengangkut air berupa truk tangki air. Namun proses administrasi sistem sekarang memiliki beberapa kekurangan, diantaranya sulit merekapitulasi berapa tangki air yang sudah dipesan yang berakibat pada total penagihan dan total pendapatan menjadi tidak sesuai. Ditambahkan juga dengan pengarsipan dokumen yang tidak begitu baik sehingga menyulitkan pelaporan jasa pelayanan air bersih, baik pelaporan bulanan maupun tahunan. Penelitian ini menggunakan tahapan pada metode FAST dengan didukung oleh beberapa diagram Unified Modelling Language (UML) untuk analisis masalah dan desain logisnya. Hasil dari prototipe ini dapat meningkatkan efektivitas dan membantu mengatasi permasalahan dalam sistem pelayanan air bersih ini.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir.2003. Pemrograman WEB Mencakup: HTML, CSS, JAVA SCRIPT, & PHP. Andi Offset: Yogyakarta

Whitten, L.J. et al.2004. Metode Design dan Analisa Sistem. Edisi 6. Andi Offset: Yogyakarta Penulis1 A, Penulis2 B. Judul Buku. Edisi. Kota: Penerbit. tahun: halaman.

Edhy Sutanta. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Andi Offset: Yogyakarta

Rosa A.S., M. Shalahuddin.2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Edisi 3. Informatika Bandung: Bandung

Hengki.2017. Business Intelligence Guna Mendukung Keputusan Strategis Ketua Program Studi dengan Model FAST. Jurnal Informatika Global Vol.8, No.1

Hamidah, Rizan Okkita. 2014.Penerapan Logika fuzzy menggunakan model tahani dalam penentuan laptop berdasarkan kriteria konsumen. Jurnal TI Atma Luhur Vol.1 September 2014.

Dhani Mirza Saputra. Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian “SIMPEG”. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.