Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Reservasi Kamar Pada Bangka City Hotel Pangkalpinang Berbasis Web

Fitriyanti Fitriyanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bidang Usaha Perhotelan telah berkembang dengan pesat, dengan kemajuan teknologi dan popularitas pasar elektronik di dunia internet sebagai kesempatan atau peluang dalam meningkatkan kompetisi di bidang perhotelan. Begitu halnya dengan Bangka City Hotel merupakan salah satu hotel bintang 2 ( dua ) yang menyajikan nuansa kamar yang nyaman, tenang dan bersih. Tujuan penulisan penelitian ini agar sistem kerja dan pelayanan di Bangka City Hotel dapat berjalan dengan lancar dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pemodelan Unifed Modelling Language (UML) guna merancang Sistem Informasi pemesanan kamar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada tamu. Sistem Informasi reservasi kamar ini dapat menjadi salah satu yang dapat digunakan untuk mempermudah transaksi check in, check out, bill check out, sehingga dalam mengelola data tamu menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Seiring kemajuan teknologi komputer dan informasi serta telah tersedia komponen – komponen yang menunjang pemakaian teknologi tersebut, maka sangatlah tepat jika Bangka City Hotel Pangkalpinang menggunakan sistem ini untuk mempermudah proses kinerja sistem sehingga akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi hotel tersebut.

Full Text:

PDF

References


Suhendar, A. S. S. Si. Dan Gunadi, Hariman S.Si., MT. (2002). Visual modeling Using UML dan rational rose. Penerbit Informatika Bandung : Bandung.

Jusuf, Al Haryono, Analisa dan Perancangan Sistem dengan Metodologi Berorientasi Obyek, Informatika, Bandung, 2002.

Haryanto, imam. 2008. Membuat Database dengan Microsoft Access. Penerbit Informatika Bandung

Edhy Sutanta. 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Andi Offset: Yogyakarta

Tata Sutabri, 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Irfannur Diah, M. Ridwan Rambe 2016. Perancangan Sistem informasi Reservasi Sewa Kamar Hotel pada Hotel Grand Arya Berbasis Web, Universitas Potensi Utama Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.