Pelacak Kendaraan Hilang Menggunakan GPS dengan Modul GPS6MV2 Dan Ditampilkan Dengan Smartphone

Ahmad Fauzani Ramadhani(1*), Syarfrul Irawadi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan Sistem Keamanan Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan yang hilang Berbasis GPSdan Ditampilkan dengan Smartphone adalah sebuah alat peringatan saat kendaraan dicuri. Alat ini bertujuan untuk memberikan informasi kendaraan yang telah hilang dengan mengirimkan lokasi koordinat kendaraan mengunakan SMS dan dapat ditampilkan dengan aplikasi Google maps. Rancang bangun Sistem Keamanan Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan yang hilang Berbasis GPS dan Ditampilkan dengan Smartphone ini memanfaatkan teknologi, yaitu : (1) GPS (Global Positioning System) Ublox 6MV2, (2) Rangkaian sistem minimum mikrokontroler Atmega328 dalam modul arduino uno R3, (3) Modem Wavcome GSM , (4) Smartphone, (5) serta aplikasi Google maps yang sudah ada pada smartphone. Pembuatan perangkat lunak (Software) alat ini menggunakan bahasa pemrograman C. Hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa unjuk kerja Perancangan Sistem Keamanan Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan yang hilang Berbasis GPS dan Ditampilkan dengan Smartphone dengan hasil pengujian keseluruhan alat dapat menampilkan data informasi sesuai dengan yang diharapkan yaitu sebagai peringatan saat kendaraan dicuri dan mengirimkan lokasi koordinat kendaraan ke smartphone user, kemudian untuk mengetahui posisi kendaraan yang hilang user cukup membuka sms dan perintah tersebut akan memanggil aplikasi Google maps. Kesimpulan yang didapat dari alat ini adalah alat sudah dapat bekerja dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Nurhartono, Agus. 2015. Perancangan Sistem Keamanan Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan Yang Hilang Berbasis GPS Dan Ditampilkan Dengan Smatphone. Teknik Elektronika. Universitas Yogyakarta.

Yogana, Hidayat, I., Sarwokom, M. 2011. Perancangan Prototipe Sensor Parkir Mobil Menggunakan Sensor Ultrasonic Dan Berbasis Mikrokontroler, Jurnal, Teknik Telekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Jakarta.

Rismawan, E., Sulistiyanti, S., Trisanto, A. 2012. Rancang Bangun Prototype Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535, Jurnal, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Lampung.

Pranata, A., Arif, S.N., Yusnidah. 2015. Perancangan Prototipe Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mikrokontroler Atmega8535, Jurnal, Sistem Komputer, STMIK Triguna Dharga, Medan.

Mulyana, I.E., Kharisman, R. 2014. Perancangan Alat Peringatan Dini Bahaya Banjir dengan Mikrokontroler Arduino Uno R3, Jurnal, Teknik Informatika, STMIK Tasikmalaya, Jawa Barat. [6]Purnomo, S. 2014. Perancangan Sistem Kemanan Rumah Berbasis SMS Gateway Menggunakan Mikrokontroler Arduino ATMEGA 2560, Jurnal, Teknik Elektro, Universitas Lampung, Lampung.

Riko, Saleh, M. 2014. Penampil Informasi Menggunakan Mikrokontroler Arduino 328 Berbasis Web, Jurnal, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.