Sistem Reservasi E-ticketing Pesawat Multi-tier Terintegrasi Multi-mitra Berbasis Saop (Studi Kasus PT. X-Travel)

Kartini Kartini(1*), Popong Setiawati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Melalui internet, manusia dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja, serta dapat menjalankan bisnis online salah satunya Sistem Reservasi e-ticketing Pesawat multi-tier terintegrasi Multi-Mitra berbasis SAOP (Simple Object Access Protocol) adalah standar protokol untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan computer, tidak lebih seperti sebuah amplop biasa berbasis XML untuk informasi yang ditransfer dalam jaringan private antar mitra. Disini penulis menganalisa dan merancang infrastruktur Multi Tier, dan basis data sistem Reservasi e-ticketing pesawat Pt. XYZ Travel (Penulis tidak diizinkan menyebutkan nama travelnya) memiliki banyak mitra yang tentunya akan memiliki beberapa database dari mitra tersebut. Pemodelan proses sistem dengan UML Enterprise Architect. Metode development sistem “Waterfall. Menggunakan metode penelitian studi literatur, studi banding website e-ticketing pesawat di internet dan jurnal-jurnal terkait, serta observasi langsung, melakukan wawancara dengan beberapa karyawan Pt. XYZ Travel. Hasil yang diperoleh berupa data dan Rancangan sistem Reservasi e-ticketing yang akan dibangun. Implementasi sistem ini memberikan kontribusi terhadap pengguna di internet, dapat melakukan pemesanan tiket dan transaksi di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu lagi harus datang langsung ke Pt. XYZ Travel. Alhasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pemesanan tiket berlangsung secara online dan terkomputerisasikan dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Nur Aeni Hidayah, Nia Kumaladewi,dan Serlyta Efrylla, Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web pada Bana Tour, Jurnal Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010, Vol.1, 2-5.

Anton Setiawan Honggowibowo, Titien Sediartie, sistem reservasi pesawat terbang Pesawat terbang berbasis web, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2014, 2-5

Imam Rofi’i, Hendrawan, Pareza Alam Jusia, Perancangan Aplikasi E-Ticketing pada PO. CV. Jambi Transpor Berbasis Web , Jurnal Ilmiah Media Processor, Jambi, 2015, Vol.10, 2&3.

Rainer A. Sommer, Thomas R Gulledge dan David Bailey, The n-Tier Hub Technologi, Enterprise Engineering, Laboratory George Mason University, 2010.

Grady Booch, James Rumbaugh, Ivar Jacobson, The Unified Modeling Language User Guide, SECOND EDITION, Addison Wesley Professional, 2005, 40

Munawar, Pemodelan Visual dengan UML, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2005, 53

Pungus, Stenly R. Penerapan Simple Object Access Protocol U1 untuk Pengintegrasian Sisten Informasi Perguruan Tinggi. Bandung : Institut Teknologi Bandung, 2008,3-5

Bassil, Youssef, Simple Object Access Protocol For Weaponry and Battle Command and Control Systems in warfighting. International Journal of Information and Communication Technology Research, 2012. Vol.2(2), 185-196.

Roger S Pressman, P.D Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta, andi, 2010,25

Kristanto, Andri. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta, Gava Media, 2008,40

Pattrick McDermott, Workflow Modeling -Tools for Process Improvement and Application Development, Alec Sharp, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.