Sistem Penunjang Keputusan Kenaikan Jabatan Karyawan Dengan Metode SAW Pada Yayasan Islamic Center Medan

Friza Zulfikar(1*), Rika Rosnelly(2), Nidia Enjelita Saragih(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu elemen dalam organisasi yang sangat penting adalah sumber daya manusia atau SDM. Jika dalam pengelolaan SDM tidak berjalan dengan lancar tentunya akan mengalami beberapa kendala salah satunya apabila organisasi mempunyai jumlah karyawan yang cukup banyak, maka pergantian karyawan atau kaderisasi dalam organisasi menjadi sulit dan memakan banyak waktu. Untuk meminimumkan kendala tersebut diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak yayasan islamic center medan untuk menyeleksi beberapa kandidat karyawan yang akan dipilih untuk kenaikan jabatan. Metode SAW digunakan untuk menyeleksi karyawan atau alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Penyeleksian dilakukan berdasarkan 5 (lima) kriteria yaitu berdasarkan jenjang pendidikan, disiplin, kerjasama tim, pengetahuan serta pengalaman bekerja. Alternatif yang ada akan dinilai kemudian setelah dinilai akan menghasilkan skor atau hasil yang paling tinggi. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman VB.Net dan dalam penyimpanan data sistem yang dibangun menggunakan database Sql server. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh sistem maka dapat meminimalisir kendala yang menjadi permasalahan sebelumnya dan dapat mempermudah pihak yayasan dalam menyeleksi karyawan.

Full Text:

PDF

References


Angga Adhitya Pratamaputra, Nur, 2010. “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan dengan Model AHP pada Biro Kepegawaian di Sekretariat Negara Republik Indonesia” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Setya Dwi Utomo, Meriano, 2015. “Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weight) Pada Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemberian Beasiswa Pada SMA Negeri 1 Cepu Jawa Tengan” .Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Nurdiansah, Annah, 2017. “Implementasi Mikrokontroler Dan SMS Gateway Pada Pengamanan Kendaraan Bermotor”. CSRID Journal, Vol. 9 No.1.

Frieyadie, 2016. “Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan”. AMIK BSI Jakarta.

Hidayat, R., & Agung, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jabatan Mandor Pada UD. Jati Jaya Gresik. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3), 165-176.

Sambani, E. B., Agustin, Y. H., & Marlina, R. (2016). Sistem Pendukung keputusan Kenaikan Jabatan Karyawan Plaza Asia Dengan Menggunakan Metode Weighted Product. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(2), 121-130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.