SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS TANAMAN KARET MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI (STUDI KASUS : PTPN III MEDAN)

Pernando Harianja(1*), Alfa Saleh(2), Muhammad Barkah Akbar(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanaman Karet merupakan tanaman yang menghasilkan suatu komoditas yang paling banyak dikembangkan di Indonesia. Tujuan dari budidaya tanaman karet adalah memproduksi lateks dan bekuannya. PTPN III Medan merupakan salah satu perusahaan BUMN perkebunan yang menghasilkan getah karet terbaik untuk beberapa pabrik ban terbesar yang ada di Indonesia. Hingga saat ini PTPN III Medan terus menjaga kualitas tanaman karet agar menghasilkan getah karet yang berstandar internasional. Dalam menilai kualitas tanaman karet, PTPN III Medan memiliki beberapa kriteria seperti umur tanaman, panjang lilit batang dan tinggi pohon. Namun hingga saat ini PTPN III masih menggunakan cara konvensional dalam menentukan kualitas tanaman karet tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Fuzzy Mamdani untuk menentukan kualitas tanaman karet, karena Fuzzy Mamdani dapat mengklasifikasikan suatu nilai ke dalam kelas tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi yang akan memudahkan PTPN III Medan dalam menentukan kualitas tanaman karet. Secara keseluruhan pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman Visual Basic .Net dan penyimpanan basis data menggunakan SQL Server 2008. Aplikasi ini juga dirancang agar user-friendly, sehingga PTPN III Medan dapat dengan mudah menggunakan aplikasi.

Full Text:

PDF

References


T. Sutojo, E. Mulyono, dan Vincent. 2010. Kecerdasan Buatan. Penerbit

Andi, Semarang.

Saleh, Alfa. (2015). Implementasi Fuzzy Mmamdani Ddalam Sistem

Pendukung Keputusan Menentukan Kesesuaian Bidang Peminatan Mahasiswa (Studi Kasus: Universitas Potensi Utama). SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 2-2.

Saleh, A. (2015). IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3-6.

K. Suryadi dan Ali. R. 1998. Sistem Pengambilan Keputusan. Penerbit Rosda. Bandung.

Adawiyah, Rabiatul .2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerimaan Beawasiswa Berbasis Fuzzy Mamdani. PROGRESIF, vol.9, No.1.Banjarbaru.

Wiyanto, W., & Kusnadi, N. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Karet Perkebunan Rakyat (Kasus Perkebunan Rakyat di Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang, Lampung). Jurnal Agribisnis Indonesia, 1(1).

Marimin. 1998. Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT Grasindo.

Jakarta.

Akrim, S. T. (2013). Penerapan metode fuzzy mamdani untuk sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan pada PT. PRIMATEXCO

INDONESIA. Penelitian, Fakultas Ilmu Komputer.

Yuwono B, Richard F, & Ayusta H. 2011. Sistem Pendukung Keputusan

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan Metode Fuzzy Mamdani dapat

Menggunakan Metode PROMETHEE. TELEMATIKA, vol 8, no 1, hal 63-74. Yogyakarta.

Sannia, B., Ismono, R. H., & Viantimala, B. (2013). Hubungan

kualitas karet rakyat dengan tambahan pendapatan petani di desa program dan non-program. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(1).

Syukur & Muda W. (2015). Penyadapan Tanaman Karet. Balai

Pelatihan Pertanian Jambi. Jambi.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan

Aplikasinya). Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.