Perancangan Ontologi Untuk Informasi Pariwisata Berbasis WEB SEMANTIK Guna Mendukung Pangkalpinang Dalam Pengembangan Smart City

Rahmat Sulaiman(1*), Bambang Adiwinoto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Relational data model atau lebih dikenal dengan model data relasional masih banyak digunakan untuk penyimpanan data dan informasi pada kebanyakan sistem aplikasi saat ini. Namun untuk menyimpan data secara mudah atau secara semantic, model data relasional dirasakan dan dinilai kurang dinamis. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyajikan informasi-informasi yang ada menjadi lebih konkrit sehingga pengetahuan- pengetahuan yang ada dapat disajikan dalam berbagai variasi pengetahuan terhadap data dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ontology yang akan diterapkan pada domain pariwisata yang ada di Kota Pangkalpinang. Perancangan ontology yang dikembangkan menggunakan aplikasi protégé, model ontology dikembangkan kedalam struktur-stuktur pada protégé dengan struktur hirarki class, slot, property, dll. Model ontology ini diharapkan mampu memberikan informasi terkait metadata aplikasi yang berbasis webs emantik pada pariwisata yang ada di pulau Bangka.

Full Text:

PDF

References


Siahaan, Daniel O,. 2006. Graphical Notations For Semantic Web Language. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Aplikasi Web Semantik Untuk Pencarian Materi Perkuliahan, Ferdilla dan Metty Mustikasari, Universitas Gunadarma

Amborowati A., 2007. Model Ontologi untuk informasi jadwal kereta api menggunakan protégé. STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Afuan L, Azhari SN., 2016. Model Ontologi Untuk Informasi Pariwisata di Kabupaten Banyumas.Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Fahrurrozi M, Azhari SN, 2017. Rancang Bangun Plugin Protégé Menggunakan Ekspresi SPARQL-DL Dengan Masukan Bahasa Alami, IJCCS, Vol.11, No.2, July 2017, pp. 155~164 ISSN: 1978-1520

G. Antoniou, and F. v. Harmelen, “A Semantic Web Primer”, Massachusetts: The MIT Press Cambridge,2008.

Dwiono A., 2013. Mesin Pencari Cerdas dengan Web Semantik, Universitas Sriwijaya, Jurnal Generic, Vol.8, No. 1, Maret 2013, pp. 209~220 ISSN: 1907-4093(print), 2087-9814 (online)

Davies J., Studer, R., dan Warren, P., Semantic Web Technologies Trends and Research in Ontology-based Systems. Jphn Wiley & Sons, Chicester, 2006.

Eka P A., dan Andri. Perancangan Ontologi Sebagai Meta Data Aplikasi Berbasis Web Semantik, Universitas Bina Darma, Seminar Nsional Inovasi dan Tren (SNIT) 2014.

Antoniou, G., dan Van Harmelen, F., A Semantic web primer. MIT Press, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.