Analisis Kriteria, Proses, dan Metode untuk Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Kambing

Clara Hetty Primasari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengawali usaha peternakan kambing sebaiknya ada pertimbangan-pertimbangan yang
perlu diperhatikan calon peternak agar usaha peternakannya dapat menguntungkan.Terdapat beberapa kriteria seperti lingkungan dan finansial yang harus diperhatikan. Seiring berjalannya waktu, teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengotomatisasi proses pertimbangan dalam peternakan ini. Dalam kasus ini akan dibangun Sistem Pendukung Keputusan untuk memilih jenis kambing yang diternakkan jika dipertimbangkan aspek kesesuaian lingkungan dan finansialnya. Makalah ini memaparkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan untuk menganalisis kriteria, proses, dan metode yang akan digunakan dalam pembangunan Sistem Pendukung Keputusan tersebut. Hasil analisis ini adalah subkriteria yang akan diperhitungkan, proses alur pemilihan/pembuatan keputusan, dan metode pembobotan dan penilaian yang akan digunakan sebagai dasar pembangunan Sistem Pendukung Keputusan.

Full Text:

PDF

References


Devendra, C., Burns, M., Produksi Kambing di daerah Tropis (diterjemahkan oleh Putra, H.). Bandung: Penerbit ITB. 1994.

Devendra, C., McLeroy, G. B., Goat and Sheep Production in the Tropics. Singapore: Longman Singapore Publishers. 1988.

Bintara et al. Bahan Ajar Ilmu Lingkungan Ternak, Laboratorium Fisiologi dan Reproduksi, Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2013.

Wodzicka, M. T. Produksi Kambing dan Domba di Indonesia, (diterjemahkan oleh Mastika. I. M., Djajanegara. A, Gardiner. S, Wiradarya. T.R.). Surakarta: Sebelas Maret University Press. 1993.

Williamson, G., Payne, W. J. A.. Pengantar Peternakan di Daerah Tropis, edisi ketiga, (diterjemahkan oleh Darmadja, D.). Yogyakarta: ,Gadjah Mada University Press. 1993.

Halim, A. Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat. 2003.

Soeharto, I. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional). Jakarta: Erlangga. 1999.

Ren, et al. Health Evaluation of Lake Wetland Ecosystem Based on the TOPSIS method. Polish Journal of Environmental Studies. 2014; 23(6): 2183-2190.

Hamdan. Analytic Hierarchy Process (AHP): Sebuah Metode Pembobotan Alternatif dalam Penerapan Formula Alokasi Dana Desa (ADD) di Kab. Bengkalis, 2007. Tesis. Magister Ekonomika Pembangunan Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, fakultas Ekonomika dan Bisnis, UGM, Yogyakarta; 2008.

Yansekardias. Analtytic Hierarchy Proses (AHP): Sebuah Metode Pembobotan Alternatif dalam Pendidtribusian Dana Alokasi Umum (DAU) Studi Kasus di Propinsi D.I. Yogyakarta, Tesis, Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta; 2001.

Laymond S., Rajim. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Saham berbasis Web dengan Pemodelan AHP (Analytical Hierarchy Process) dan Analisis Rasio Keuangan. Tesis. Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; 2013.

Umarani, R. Metode Analytic Hierarchy (AHP) dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Alat Presensi (Studi Kasus: Pemilihan Alat Presensi di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK-SB) Yogyakarta). Tesis. FMIPA UGM, Yogyakarta; 2015.

Kurniawati, D. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makalah Seminar Terbaik (Studi Kasus : Seminar Riset Teknologi dan Informasi STMIK AKAKOM). Tesis. Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; 2014.

Lumentut, H. B. Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan AF-TOPSIS. Tesis. Magister Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta;

Krestiadi, A. Analisa Kinerja Jaringan Irigasi (Studi Kasus 27 Daerah Irigasi Teknis di Kabupaten Purworejo). Tesis. Magister Pengelolaan Sumberdaya Air (MPSA), Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta; 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.