Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Smart Village Menggunakan Metode Pieces

Ni Luh Putri Srinadi(1*), Ni Nyoman Harini Puspita(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari abdi negara dan abdi masyarakat. Kantor Kepala Desa merupakan bertugasnya perangkat Desa untuk melayani masyarakat tingkat desa. Guna meningkatkan kenyamanan dan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, maka diimplementasikan Teknologi Informasi (TI) untuk smart villages. Adapun ruang lingkup smart village dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sistem informasi, mencakup identifikasi masalah dengan kerangka analisis PIECES, analisis Sebab Akibat serta Akar masalah dengan solusinya menggunakan analisa Fishbone. Hasil dari penelitian ini, ditemukan masalah beserta faktor-faktor penyebabnya yang mengakibatkan Kepala desa sulit dalam pembuatan laporan. Dari masalah-masalah yang telah terindentifikasi akar masalahnya, berdasarkan proses input dan output beserta solusinya yang menjadi landasan dalam menghasilkan informasi kebutuhan-kebutuhan fungsional yang diperlukan dalam membangun sistem informasi. Kantor Kepala Desa membutuhkan sebuah sistem informasi manajemen untuk menyelesaikan permasalahan pelayanan masyarakat, informasi syarat pengurusan administrasi, dan progress pengajuan surat yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Al Fata, Hanif.,2007, Analisa & Perancangan Sistem Informasi, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset.

M. P. Bacha, A. Čeljob and . J. Zoroja, "Technology Acceptance Model for Business Intelligence Systems:Preliminary Research," ELSEVIER, pp. 995-1001, 2016.

Y. G. Kim and . E. Woo, "Consumer acceptance of a quick response (QR) code for the food traceability system: Application of an extended technology acceptance model (TAM)," FOOD Researcher International, 2016.

F. A. Susanto, E. Mahendrawati and G. Khakim , "ANALISIS PERBANDINGAN PORTOFOLIO APLIKASI MENGGUNAKAN TEKNIK BALANCED SCORECARD, CRITICAL SUCCESS FACTORS DAN SWOT STUDI KASUS DI UNISDA (UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM) LAMONGAN," Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV, 2012.

Danto,Walesa, dkk., 2011, Analisis Kebutuhan Fungsional Sistem Informasi IT Telkom Menggunakan Balanced Scorecard,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.