Perancangan Sistem Informasi Perencanaan dan Kontrol Anggaran di Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Universitas Widyatama Bandung)

Ai Rosita(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Anggaran merupakan perangkat manajemen dalam melakukan pengontrolan, komunikasi, penilaian kerja, koordinasi dan motivasi. Sistem penganggaran yang baik dan efektif memfasilitasi proses penciptaan nilai. Anggaran berisi aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan selama periode waktu tertentu sebagai acuan kegiatan organisasi dan menunjukkan tujuan operasi perusahaan. Pada organisasi publik, termasuk Perguruan Tinggi, iap tahun secara rutin, anggaran direncanakan setiap tahun. Penyusunan anggaran dilakukan dengan landasan efisiensi, tepat guna dan tepat waktu pelaksanaan, serta realisasi pemakaiannya dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mengetahui dan mengontrol kinerja organisasi dengan efektif, tepat dan akurat adalah dengan pemanfaatan teknologi dan sistem informasi melalui dibuatnya perencanaan anggaran yang baik yang terintegrasi. Sistem informasi Perencanaan dan Kontrol Anggaran adalah sistem yang di bangun dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam merencanakan anggaran Universitas Widyatama tiap tahun. Tujuan dibuatnya sistem informasi ini pertama adalah untuk mempermudah akses informasi untuk seluruh fakultas dan Unit Pusat dan Biro kerja yang ada di lingkungan Rektorat Universitas Widyatama, kedua membuat standarisasi format program dan kegiatan sehingga penyusunan rencana anggaran dan realisasinya menjadi tepat waktu. Dengan adanya sistem ini, data perencanaan dan realisasi anggaran dapat terkontrol dengan baik sesuai dengan periode laporan yang diinginkan Rektorat; juga mempermudah akses informasi untuk seluruh fakultas dan Unit Pusat dan Biro di Rektorat; terakhir adanya standarisasi format program dan kegiatan sehingga penyusunan rencana anggaran dan realisasinya menjadi tepat waktu.

Full Text:

PDF

References


Libby, T. and Lindsay, M. (2010) ‘Beyond budgeting or budgeting reconsidered? A survey of North-American budgeting practice’, Management Accounting Research, vol. 21, no.1.

Wheelen, T.L., and Hunger, J.D., 2012, Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability, University of Virginia, Pearson.

Universitas Widyatama. (2013). Rencana strategis 2013-2018 Universitas Widyatama, Bandung.

Universitas Widyatama. (2017). Rencana Kerja dan Anggaran Universitas Widyatama, Bandung.

Santosa, B.A., 2014, Sistem Penganggaran Pendidikan Tinggi dari Old Public Management Menuju New Public Management. Jurnal Kependidikan, Vol.2 issue 2. pp 127-142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.