Perancangan Sistem Informasi Tugas Besar Mahasiswa Dengan Memanfaatkan E-collaboration

Yuke Ladesar(1*), Siti Latifah Nuryanti(2), Caca Supriana(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi informasi sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya mahasiswa dan dosen dalam aktivitas akademik. Proses kegiatan belajar-mengajar, mahasiswa akan mendapat tugas besar disetiap semester pada mata kuliah yang berbeda. Tugas ini memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan tugas-tugas harian. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa dalam pengerjaan tugas yaitu kesulitan untuk mengatur jadwal tatap muka karena kesibukan yang berbeda serta ketidakseimbangan pengerjaan pada suatu kelompok. Hal yang dapat mempermudah mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi secara online yaitu mampu menerapkan konsep E-Collaboration. Peran dosen untuk memonitor kegiatan pengerjaan tugas besar mahasiswa agar lebih terarah dan sesuai dengan tujuan mata kuliah. Universitas Pasundan khususnya di Program Studi Teknik Informatika, perlu mempersiapkan diri untuk menerapkan E-Collaboration dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan kelulusan mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan perancangan sistem informasi tugas besar dengan memanfaatkan E-Collaboration yang diharapkan mampu membantu mahasiswa, dosen, nilai dan penyelesaian mata kuliah.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia No. 12 tahun 2012, Pendidikan Tinggi.

Kock, Ned. “What is E-Collaboration”. Texas A&M International University.

Ann Koufman-Frederick, Martha Lillie. Electronis Collaboration: “A Practical Guide for Educator”. Providence: LAB at Brown University. 1999: 1.

Elgort, Irina dan Tony Wilson. E-Collaboration in Learning,Teaching and Research. 2008

Larsen, Anne Karin & Grete Oline Hole. Høgskolen i Bergen (HiB). Virtual Book E-Pedagogy For Teachers In Higher Education .2009.

Johnson-Lenz, Peter. Johnson-Lenz, Trudy. 1990. Rhythms, Boundaries, and Containers: Creative Dynamics of Asynchronous Group Life, Awakening Technology Research Report #4. April 1990. Diakses pada 12 Maret 2012.

Arifia, Narendro. “E-Mail”. 2008.

Praja G, Pradipta dan Dwi Nurhadi. “Google Apps”. 2014.

Noveka, Helmi. “Cara Mengoperasikan Google Drive (Spreadsheet)”. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.