Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Pengelolaan Limbah Sayuran (di PT. X)

Muhammad Insan Rahmatuloh(1*), Sali Alas Majapahit(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan limbah sayuran yang dilakukan di PT. X adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menangani sisa sisa sayuran yang tidak dapat digunakan atau sayuran tolakan dari toko. Dalam pengelolaan limbah sayuran sering terjadi ketidaksingkronan data antara data yang direkap dengan data yang ada dilapangan, sehingga dibutuhkan suatu sistem untuk memantau kegiatan pengelolaan limbah sayuran agar rekap data yang ada dengan data lapangan dapat singkron. Dashboard merupakan media penyajian informasi yang mampu mendokumentasikan seluruh pekembangan dan status proses dari pengelolaan limbah sayuran, informasi yang disajikan bisa dalam sekala besar, cepat, ringkas dan rinci berdasarkan Key Performance Indicator (KPI). Perancangan dashboard dimulai dari proses analisis pemantauan penglelolaan limbah, menentukan kebutuhan data, analisis pengguna, menentukan KPI, menentukan konten, membuat desain dashboard dan membuat scenario interaksi antara pengguna dan dashboard. Hasil dari penetlitian ini berupa perancangan atau model dashboard monitoring pengelolaan limbah sayuran. Penelitian ini dapat dikembangkan sampai dengan tahap implementasi yaitu dengan dibuatkannya perangkat lunak dashboard monitoring. Sehingga hasil rancangan dashboard pada penelitian ini dapat digunakan oleh pengguan.

Full Text:

PDF

References


Tchobanoglous, George. Theisen, Hilary. Vigilm Samuel. 1993, Integrated Solid Waste Management. New York: McGraw-Hill.

Few, Stephen, “Information Dashboard Design : The Effective Visual Communication Data”, Edisi 1, O’Reilly Media Inc, Italy, 2006.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012 Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 8. Jakarta.

Arendse, L dan Godfrey, L. 2010. Waste Management Indicators For National State Of Environment Reporting. Environmentek. 4-5.

Malik, Shadan, “Enterprise Dashoard : Design and Best Practice for IT”, John Wiley & Sons Inc, New Jersey, 2005

Ginting, Ir. Perdana. 2007. Sistem Pengelolaan Lingkungan Dan Limbah Industri, Cetakan pertama. Bandung: Yrama Widya. Hal 37-200.

Eckerson, Wayne, “Performance Dashboard : Measuring, Monitoring, and Managing Your Business”, Edisi 2, John Wiley & Sons Inc, New Jersey, 2011.

Kerzner, Harold, “Project Management Metrics, KPIs, and Dashboard : A Guide to Measuring and Monitoring Project Performance”, Edisi 2, International Institute for Learning Inc, New York, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.