Penetapan Bussines System Option untuk Sistem Informasi Monitoring Pencapaian Siswa Dalam Belajar

Sahrul Gunawan(1*), Shanti Herliani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengawasan orang tua atau wali siswa terhadap proses belajar anaknya di sekolah maupun di rumah merupakan hal yang sangat penting, mereka harus mengetahui sejauh mana pencapaian yang telah anaknya raih dalam belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu orang tua atau wali siswa dalam melakukan monitoring terkait pencapaian anaknya dalam belajar. Penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, diantaranya melakukan identifikasi masalah atau kedala yang dihadapi, lalu tentukan solusi sementara untuk mengatasinya, setelah itu dilakukan observasi dan memahami teori serta konsep yang sesuai dengan permasalahan, kemudian melakukan analisis sistem informasi, untuk menetapkan kebutuhan yang sesuai dengan sistem, setelah kebutuhan sistem didapat, kemudian menetapkan Business System Option yang tepat untuk diterapkan bedasarkan kebutuhan Sistem Informasi Monitoring Pencapaian Siswa Dalam Belajar, setelah itu membuat perancangan sistem informasi dengan yang sesuai dengan hasil analisis yang dilakukan. Penelitian ini menghasilkan usulan Business System Option untuk Sistem Informasi Monitoring Pencapaian Siswa Dalam Belajar, usulan ini berupa alternatif teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keefektifan, dan mengefisienkan untuk orang tua atau wali yang menggunakan Sistem Informasi Pencapaian Siswa Dalam Belajar. Hasil dari penelitian ini dapat dikembangkan untuk penelitian lain terkait dengan implementasi Business System Option yang telah terpilih pada Sistem Informasi Pencapaian Siswa Dalam Belajar.

Full Text:

PDF

References


Drs. Slameto, Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta. 2015.

Mardanu, Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jakarta. Cakrawala Pendidikan. 1996.

Salamun, Sistem Monitoring Nilai Siswa Berbasis Android, RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab) 2017, No. 2, VOL. 2.

R. Tery, George, Prinsip – Prinsip Manajemen. Jakarta. Bumi Aksara. 2006:395.

Peraturan Pemerintah, Nomor 39 Tahun 2006

Khan Shafique Ali, Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Bandung. Pustaka Setia 2005:62.

Goodland, Mike & Slater, Caroline. 1995, SSADM Version 4 : A Pratical Approach, England, McGraw-Holl Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.