Kajian Penerapan Teknologi Informasi Pada UMKM Sebagai Upaya Memperluas Pasar Produk Lokal

Hanifa Nurcahya(1*), Sali Alas Majapahit(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sektor UMKM dinilai mampu menyerap tenaga kerja cukup besar sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, serta memberi peluang untuk meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun global. Hal ini menjadi pemicu bagi pelaku usaha untuk mulai memanfaatkan perkembangan teknologi informasi bagi kemajuan usahanya, tak terkecuali di lini mikro kecil menengah. Hal tersebut memudahkan UMKM dalam menyimpan, mengelola dan mendistribusikan informasi yang ada. Dengan adanya bantuan teknologi, maka UMKM dapat memperluas pasar untuk produknya. Penelitian ini membahas tentang kajian penerapan teknologi informasi pada UMKM sebagai upaya memperluas pasar produk lokal. Adapun luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sebuah model yang dapat dijadikan masukan untuk prospek pengembangan sistem selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Indrawati, Sri Mulyani. UMKM Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Indonesia. World Islamic Economic Forum (WIEF). Republika, Jakarta. 2016.

Suparto, dan Widhy Wahyani. Penerapan Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Upaya Merambah Pasar Bagi Produk Usaha Kecil Menengah. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi. Surabaya. 2014.

Wulandari, Maria Sri. Digitalisasi Pemetaan UKM Tenun Garut Berbasis Sistem Informasi Geografis Sebagai Media Komunikasi dan Pemasaran Produk Lokal. STIMIK Jakarta, Jakarta. 2015.

Idris, Indra. Sri Lestari. Kajian Efektivitas Model Promosi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Volume 4 - Agustus 2009 : 116-139.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008, Pengertian (UMKM) Usaha Mikro Kecil Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.