Rancangan Sistem Informasi Penetapan Vendor (Studi Kasus: PT Yunia Yoga Farma, Bandung)

Ricec Ricec(1), Shanti Herliani(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penetapan vendor pada proses pengelolaan vendor merupakan tahap yang penting karena harus menentukan vendor mana yang bisa diminta bekerja sama dalam hubungan bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang menangani penetapan vendor agar pengelolaan datanya dapat diatur lebih baik lagi. Sistem informasi penetapan vendor ini dapat membantu perusahaan dalam memilih vendor dengan melakukan pencocokan kriteria-kriteria vendor yang dibutuhkan dalam mendukung jalannya proses bisnis perusahaan dengan kriteria-kriteria vendor secara umum. Penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, diantaranya menentukan topik, melakukan observasi dan wawancara untuk memperoleh data dan informasi mengenai penelitian ini, setelah itu dilakukan rancangan sistem informasi untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan hasil analisis yang dilakukan. Hasil penelitian ini berupa informasi vendor yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, yang digunakan sebagai acuan oleh bagian administrasi dalam memilih vendor yang akan diajak bekerja sama. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan pihak perusahaan mampu mengambil keputusan lebih cermat dalam menetapkan vendor. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan untuk menyempurnakan rancangan sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti pembuatan aplikasi berbasis desktop ataupun website.

Full Text:

PDF

References


Giantoro, Adi. Analisis Keputusan Pemilihan Vendor Dalam Proyek Konstuksi. E-journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.web.id/proses. 31 Desember 2017.

Jogiyanto, H.M. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 2005.

Susanto, Azhar. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jati. 2004.

Pujawan, I Nyoman, Mahendrawathi. Supply Chain Management. Surabaya. 2010.

Ricec, et al.Sistem Informasi Penyediaan Obat-obatan dan Alat kesehatan di PT. Yunia Yoga Farma. Laporan Akhir Tugas Besar Mata Kuliah Manajemen & Sistem Informasi Universitas Pasundan Bandung. Bandung. 2017.

Goodland, Mike & Slater, Caroline. SSADM Version 4 : A Practical Approach. England: McGraw-Holl Publishing Company. 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.