Perancangan Sistem Informasi Promosi Event (Studi Kasus : Kota Bandung)

Rendi Maryadi(1), Shanti Herliani(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Memiliki promosi yang baik merupakan salah satu faktor penting agar suatu event menjadi suskes dan berjalan dengan lancar. Sangat penting untuk menyampaikan informasi mengenai dengan jaungkauan yang luas agar semakin banyak pula calon peserta yang akan mendaftarkan diri kedalam event yang akan diselenggarakan. Namun saat ini cara yang digunakan oleh para penyelenggara event untuk mempromosikan event yang diselenggarakan adalah dengan menggunakan sosial media, dimana didalam media sosial itu sendiri memuat banyak sekali informasi abstrak yang tidak ada hubungannya dengan event yang akan diselenggarakan. Menurut penelitian sebelumnya[1] bahwa informasi yang dibagikan antara sesama pengguna akan lebih mudah dipercaya oleh para pengguna lainnya. Melalui penelitian ini dirancang sebuah model sistem yang dapat membantu proses promosi event yang diselenggarakan yaitu sistem promosi event yang digambarkan menggunakan Business System Option dengan menggunakan metode System Analysis and Design Methods(SSADM). Salah satu cara distribusi informasi mengenai event adalah dengan menggunakan crowdsourcing yang dapat memudahakan para dengan memanfaatkan pengguna sistem untuk mempromosikan event yang akan diselenggarakan sehingga peneybaran informasi menjadi lebih luas jangkauannya. Cara yang diusulkan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menggunakan pendekatan crowdsourcing yang memanfaatkan para pengguna system untuk ikut mendistribusikan informasi mengenai event ke berbagai media promosi lainnya.

Full Text:

PDF

References


Zanariah Azlin, Muda Mazzini. The Impact of User – Generated Content (UGC) on Product Reviews towards Online Purchasing – A Conceptual Framework. Elsevier B.V. Universiti Teknologi MARA. 2016.

Maryadi Rendi Dkk. STEPENT (Sistem Promosi Event) : Aplikasi Promosi Event Berbasis Android Di Bandung Raya Menggunakan Metode Crowdsourcing. Program Kreativitas Mahasiswa.2017.

Any Noor. Management Event. Alfabeta. Bandung. 2009.

Al Fatta, Hanif. (2009). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Smith Kit. 41 Incredible Instagram Statictics. Diakses pada tanggal 22 January 2018. https://www.brandwatch.com/blog/37-instagram-stats-2016/

Miftah A, Teddy O, Budi P. Crowdsourcing : Konsep Sumber Daya Kerumunan dalam Abad Partisipasi Komunitas Internet. 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.