PENETAPAN BUSSINES SYSTEM OPTION UNTUK LAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN (Studi Kasus : Disdukcapil Kota Bandung)

Iman Hernawan(1*), Shanti Herliani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Akta kelahiran merupakan bukti catatan otentik yang melekat pada diri seseorang yang diatur dalam UU No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan serta merupakan bukti yang sah mengenai status anak yang dikeluarkan oleh Catatan Sipil. Masalah yang muncul pada layanan pembuatan akta kelahiran yaitu pelayanan yang diberikan kepada pemohon dinilai kurang maksimal serta ketidakteraturan pengolahan data dari layanan pembuatan akta kelahiran, sehingga petugas sulit dalam mengontrol dan mengetahui informasi status perkembangan dari setiap layanan pembuatan akta kelahiran. Maka, diperlukan sistem layanan pembuatan akta kelahiran dengan konsep penelusuran status pada setiap layanan pembuatan akta kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan Bussines System Option (BSO) yang akan digunakan dalam merancang Sistem Informasi Layanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung dengan metode Structured System Analysis and Design Methods (SSADM). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi meningkatkan kinerja petugas dalam layanan pembuatan akta kelahiran, serta mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Bandung.

Full Text:

PDF

References


Hernawan, Iman. Perancangan Sistem informasi Layanan Pembuatan Akta Kelahiran. Laporan Tugas Akhir S1. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Pasundan Bandung, 2017

Siswosoediro, Henry S.. Buku Pintar Pengurusan Perizinan & Dokumen. Visimedia. Jakarta. 2008.

Purningsyih, Tati, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Berorientasi Objek”, Bangka Belitung, 2015.

Goodland Mike & Slater Caroline, “SSADM Version 4 : A Practical Approach”, London, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.