Perbandingan Algoritma A* dan Dijsktra dalam Pencarian Kecamatan dan Kelurahan di Bandar Lampung

Heni Sulistiani(1*), Danang Ari Wibowo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Jumlah kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Bandar Lampung adalah 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan. Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) telah berkembang pesat. SIG dibuat dengan menggunakan informasi yang berasal dari pengolahan sejumlah data, yaitu data geografis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan SIG untuk mencari rute terpendek kecamatan dan kelurahan di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan algoritma A* dan Dijkstra serta melakukan analisis perbandingan dari kedua algoritma tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara Algoritma A* dan Dijkstra menghasilkan jarak yang sama pada saat pengujian. Namun terdapat perbedaan waktu proses pencarian rute terpendek. Pada jarak 2 km, algoritma A* lebih cepat dibandingkan dengan algoritma Dijkstra dengan waktu rata-rata yang dibutuhkan selama 159 ms dan 369 ms secara berturut-turut.

Full Text:

PDF

References


POKJA AMPL Kota Bandar Lampung. Strategi Sanitasi Kota Bandar Lampung. 2015.

Enty Nur Hayati, Antoni Yohanes. Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Greedy. Seminar Nasional IENACO. 2014.

I Made Widnyana, I Nyoman Piarsa, A. A. K. Agung Cahyawan W. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Bengkel di Kota Denpasar Berbasis Android. Merpati. April 2015; Vol. 3, No. 1. 23-30.

Zara Zulfariana, Ernastuti. Aplikasi Sistem Informasi Geografis yang Memetakan Empat Bengkel Motor Resmi di Kota Depok Berbasis Platform Android. Universitas Gunadarma.2013.

Herlina, Yulmaini, Sri Karnila, M. Ariza Eka Yusendra. Pengembangan Aplikasi E-Tourism Berbasis Android Sebagai Strategi Promosi Pariwisata Provinsi Lampung. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015. STMIK STIKOM Bali, 9 – 10 Oktober 2015.

Diana Okta Pugas, Maman Somantri, Kodrat Iman Satoto. Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra dan Astar (A*) pada SIG Berbasis Web untuk Pemetaan Pariwisata Kota Sawahlunto. TRANSMISI, 13 (1), 27-32. 2011.

Shaga Bogas Priatmoko. Algoritma Dijkstra Untuk Pencarian Jalur Terdekat Dan Rekomendasi Objek Pariwisata Di Pulau Bali. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro. 2015.

Raden Aprian Diaz Novandi. Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek (Single Pair Shortest Path). Makalah IF2251 Strategi Algoritmik Tahun. 2007.

Rosa A,S, M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat lunak. Bandung: Informatika. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.