Peningkatan Keamanan Pesan Berbasis Android Menggunakan Algoritma Kriptografi RSA

Rahmat Sulaiman(1*), Marina Vebu(2)

(1) STMIK Atma Luhur
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keamanan dan kerahasiaan sebuah data atau informasi merupakan hal yang sangat penting, baik dalam suatu organisasi seperti perusahaan, perguruan tinggi, maupun individual. Itu dikarenakan seringkali data atau informasi yang penting kadang tidak sampai ke tangan si penerima atau juga bisa sampai ke tangan si penerima tapi data yang diterima tersebut disadap terlebih dahulu tanpa sepengetahuan pengirim maupun penerima itu sendiri. Untuk mengatasi masalah yang ada, peneliti akan membuat suatu aplikasi peningkatan keamanan pesan berbasis android menggunakan algoritma kriptografi RSA yang akan di implementasikan untuk aplikasi pesan pada smartphone android. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim dan menerima pesan pada smartphone berbasis android dengan mengamankan atau menyembunyikan pesan asli. Metode yang digunakan Adalah algoritma kriptografi RSA yang menggunakan dua kunci berbeda dalam melakukan enkripsi dan dekripsi yaitu kunci publik untuk enkripsi dan kunci privat untuk dekripsi. Algoritma kriptografi RSA ditambahkan dalam aplikasi ini guna meningkatkan keamanan pesan berbasis android dengan menerapkan algoritma RSA dalam proses mengenkripsikan pesan dengan menggunakan key yang berupa angka-angka yang telah ditentukan pengirim, dan mendekripsikan pesan yang dikirim menjadi pesan asli, sehingga pesan tersebut cukup aman dan tidak akan terbaca oleh pihak yang tidak mempunyai hak atas pesan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Sulaiman R, Isnanto B, 2018, “Peningkatan Keamanan Pesan Dengan Kriptogafi RC4 dan Steganografi LSB Pada File JPEG”, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018

Syahputra, Edi, 2013, “Pengembangan Aplikasi Pertukaran SMS Rahasia Berbasis Android Menggunakan Algoritma RSA”, Institut Petanian Bogor (IPB), Bogor Agricultural University.

Ginting, Albert, 2015, “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Email”, Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.2, April 2015, e-ISSN: 2338-0403.

Fauzia, Rahma, Isna, 2015, “Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi SMS (Short Message Service) Dengan Metode RSA Pada Telepon Selular Berbasis Android”, Politeknik Negeri Malang, Prosiding Seminar Informatika Aplikatif Polinema 2015 (SIAP), ISSN: 2460-1160.

Nidya, Agustina, Ardelia, 2017, “Pengamanan Dokumen Menggunakan Metode RSA (Rivest Shamir Adleman) Berbasis Web”, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK ke-3 (SENDI_U 3) 2017 ISBN : 9-789-7936-499-93.

Dewanto, I.Joko, 2013, “Pembuatan Aplikasi SMS Kriptografi RSA Dengan Android”, Universitas Esa Unggul, Forum Ilmiah Volume 10 Nomer 2, Mei 2013.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kendall, J.E. & Kendall, K.E. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks.

Sulaiman R, Isnanto B, 2016, “Pembuatan Sistem untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pada Lembaga Pendidikan Komputer XYZ” , Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur Vol 3. No 1. Maret 2016 ISSN: 2406-7962




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter