Implementasi Algoritma Fisher-Yates Pada Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Android Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang

Laurentinus Laurentinus(1*), Riska Diana(2)

(1) STMIK Atma Luhur
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


STMIK Atma Luhur merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan sarjana komputer yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja terhadap para profesional yang memiliki kemampuan manajerial di bidang Teknologi Informasi. Proses penyaringan calon mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidian sehingga calon mahasiswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan. Tetapi sayangnya, kurangnya efisiensi informasi terhadap Penerimaan calon mahasiswa baru yang terdiri dari 5 kabupaten yang berada di 2 pulau yang terpisah ratusan kilometer, maka dibutuhkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis mobile dimana calon mahasiswa dapat melakukan seluruh proses pendaftaran secara cepat. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan model waterfall serta metode berorientasi objek dengan Tools UML. Pada aplikasi berbasis android ini Sistem pelayanan Penerimaan Calon  Mahasiswa Baru akan sangat  mudah dilakukan, diakses di mana saja dan tidak harus datang ke kampus. Disamping itu juga, aplikasi yang dibuat menerapkan Algoritma Fisher Yattes yang digunakan untuk pengacakan soal pada proses Test online, Kelebihan Algoritma Fisher-Yates adalah efektifitas dari metode pengacakannya serta kompleksitas algoritmanya yang optimal yaitu O (n). Maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan sistem Penerimaan calon mahasiswa baru pada STMIK Atma Luhur Pangkalpinang berbasis android ini dapat memaksimalkan kegiatan dalam melayani calon mahsasiswa baru untuk melakukan Pendaftaran dan  ujian seleksi masuk secara online.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto Zai, Kristian., “Peranangan dan Implementasi Try Out (Uji Coba) SNMPTN (Seleksi nasional Perguruan Tinggi Negeri) Online Pada android”, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ilmu Komputer, Jakarta, 2012.

Fadilah, “Model Penunjang Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Berprestasi Berbasis SAW di STMIK Banjarbaru” , Indonesian Journal on Software Engineering, Banjarbaru, 2012.

Hadi Sampurno,Suryo., A’la Syauqi, M.Kom., “Aplikasi Permainan Susun Kata Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Algoritma nuth-Morris-Pratt dan Fisher Yattes Shuffle”, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.

Nurhayani., “sistem informasi pendaftaran mahasiswa baru di AMIK SIGMA Palembang”, AMIK SIGMA Palembang, Palembang, 2013.

Supriyanto, Priangga Berry., Yoannita, “Penerapan Algoritma Fisher-Yates padaEdugame Guess Caculation Berbasis Android”, STIMIK GI MDP, Palembang, 2013.

Mustaqbal,M.Sidi,. Fajri Firdaus,Roeri,. Rahmadi,Hendra. (2015), Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume I, No3, hall-34.

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin., “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Informatika Bandung, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter