ANALISIS PENERIMAAN KARYAWAN PADA PT. SRIKANDI DIAMOND INDAH MOTORS SAMPIT DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Meidy Saputra(1*), Lukman Bachtiar(2)

(1) Universitas Darwan Ali
(2) Universitas Darwan Ali
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan pada PT. Srikandi Diamond Indah Motors. Hampir semua perusahaan mulai dari skala kecil maupun skala besar dalam melakukan kegiatan penerimaan karyawan mulai membuat keputusan dengan menggunakan metode sistem pendukung keputusan untuk menunjang kinerja perusahaannya. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dalam perekrutan karyawan perusahaan akan lebih selektif lagi dalam memilih calon karyawan yang berkualitas guna menunjang kinerja dalam perusahaan tersebut.  PT. Srikandi Diamond Indah Motors adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. Dari pihak perusahaan tidak ada menerapkan suatu sistem untuk menunjang sebuah keputusan yang terkomputerisasi dalam melakukan seleksi penerimaan karyawan, penilaian pada saat interview calon karyawan masih dengan tulis tangan pada berkas pelamar dan juga dihadapkan pada pilihan untuk menentukan karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode Analytical Hierarchy proccess (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Hasil penelitian ini sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru menggunakan metode AHP dan SAW pada PT. Srikandi Diamond Indah Motors diharapkan dapat membantu dan mempercepat dalam proses seleksi penerimaan karyawan. Tujuan menggunakan dua metode ini adalah untuk membandingan hasil perhitungan antara metode AHP dan SAW. Berdasarkan hasil pengujian sistem dan perhitungan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai, akan tetapi lebih direkomendasikan mengambil hasil perhitungan metode AHP karena perhitungan AHP lebih kompleks dibandingan dengan metode SAW.

Keywords


Decision Support System (DSS); Analytical Hierarchy Process (AHP); Simple Additive Weighting (SAW); employee recruitment, Website-Based

Full Text:

PDF

References


R. Taufiq, A. A. Permana, T. Cahyanto, and R. Adha, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa,” vol. 4, no. 4, pp. 186–194, 2018.

Jadiaman Parhusip, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya,” J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 18–29, 2019, doi: 10.47111/jti.v13i2.251.

M. S. . Utomo, “Penerapan Metode Saw ( Simple Additive Weight ) Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Beasiswa Pada Sma Negeri 1 Cepu Jawa Tengah,” Fak. Ilmu Komput. Univ. Dian Nuswantoro, Semarang, pp. 1–12, 2015, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/15172/1/jurnal_14778.pdf.

D. A. Rivai and B. E. Purnama, “Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 3, no. 2, pp. 2302–5700, 2015.

F. Ilmu and K. Universitas, “SISTEM INFORMASI PARIWISATA PROPINSI NANGROE ACEH,” pp. 32–39.

U. Diponegoro, “Pembangunan sistem informasi alumni berbasis,” vol. 1, no. 1, pp. 72–84, 2012.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter