Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki

Rehulina Tarigan(1*), Imam Kusosi(2), Andi Usri(3)

(1) Universitas Banten Jaya
(2) Universitas Banten Jaya
(3) Universitas Banten Jaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan operasional teknologi informasi pada PT. Indonesia Nippon Seiki (PT. INS) merupakan tanggung jawab departemen IT atau Management Information System (MIS). Tugas ini adalah pelayanan terhadap pengaduan/keluhan dari user mengenai masalah kerusakan hardware, software dan jaringan dengan menerapkan sistem IT Helpdesk. Saat ini, manajemen pelayanan pengaduan masalah dapat dikatakan masih kurang bagus karena belum ada prosedur yang tersistematis dalam proses pengaduan kepada departemen MIS. Laporan kepada atasan tidak lengkap karena proses pendataan yang kurang baik. Hal ini disebabkan belum ada media atau sistem perekaman data yang baik. Pimpinan IT kesulitan untuk memonitor kinerja tim dalam menyelesaikan setiap keluhan dari user karena data tidak dapat dilihat secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Helpdesk Ticketing berbasis Website pada PT. INS yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengaduan/keluhan mengenai masalah operasional teknologi informasi. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Prototype sebagai bagian dari metode System Development Life Cycle (SDLC). Pemodelan proses bisnis sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi komputer yang dapat diakses secara realtime sehingga user dapat melihat status penyelesaian dari kasus yang mereka sampaikan. Teknisi juga dapat lebih meningkatkan kinerjanya karena dapat dimonitor secara langsung oleh user maupun atasannya.


Keywords


helpdesk ticketing, IT helpdesk, metode prototype, SDLC

Full Text:

PDF

References


E. M. Sipayung, C. F. and E. A. , "Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3," JNTETI, vol. 6, no. 2, pp. 141-145, Mei 2017.

A. Mustopa, "Sistem Informasi IT-Helpdesk Pada Universitas Amikom Yogyakarta Berbasis Web," Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), vol. 2, no. 2, pp. 93-102, 2017.

S. Syofian and A. Winandar, "Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, 2017.

A. Nugroho, "Pengembangan Sistem Helpdesk Berbasis Web Metode Rapid Application Development Pada PT. Sakata Utama," Pelita Teknologi: Jurnal Ilmiah Informatika, Arsitektur dan Lingkungan, vol. 23, no. 1, pp. 1-11, 2020.

Alfian, Yumi Novita Dewi, Firstianty Wahyuhening Fibriyani, Harsih Rianto and Adika May Sari, "Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS Pemprov DKI Jakarta," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 334-340, 2020.

T. Rehulina and B. Raharjo, "Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan," Jurnal Sistem Informasi (JSiI), vol. 8, no. 1, pp. 31-42, Maret 2021.

Anwardi, A. Ramadona, M. Hartati, T. Nurainun and E. G. Permata, "Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall," Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, vol. 7, no. 01, pp. 57-66, 2020.

J. Whitell and Bentley, System Analysis and Design Methods, New York: McGraw-Hill, 2007.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner's Approach, Eighth Edition, New York: McGraw-Hill Education, 2015.

A. Nugroho, Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2005.

T. Rehulina and D. Ardiansyah, "Perancangan Aplikasi Inventori Barang Pada CV. MR Lestari Berbasis Web," Sistem Informasi dan Informatika (SIMIKA), vol. 3, no. 2, pp. 77-94, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter