Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android

Sundari Sundari(1), Delpiah Wahyuningsih(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Para orang tua cukup sulit untuk membimbing anak-anaknya belajar, karena ketidaktertarikan anak yang merasa bosan dengan media belajar (buku). Untuk meningkatkan semangat anak belajar dengan media pembelajaran yang moveable (mudah dibawa kemana-mana) dan dengan tampilan yang menarik, diharapkan dapat membantu para orang tua untuk mengajak anak belajar di rumah dan membantu anak mudah menyerap materi yang ada, sehingga dapat mengerjakan soal-soal yang ada dengan benar. Semakin berkembangnya berbagai alat komunikasi modern terutama smartphone yang dikembangkan oleh berbagai vendor terkemuka di dunia. Hal ini juga berpengaruh dunia pendidikan dan pembelajaran di indonesia. Metode baru dalam pembelajaran pun dikemas secanggih mungkin, yaitu dapat mempermudah para siswa dalam memahami pelajaran. Dengan ini penulis melakukan penelitian dalam tahap mengembangkan sistem pembelajaran terbaru. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android, yang bisa membuat para siswa SD 5 Parittiga lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini penulis berharap akan adanya pengembang yang bisa untuk mengembang aplikasi ini agar bisa membuat pembelajaran di indonesia lebih tertarik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman java eclipse.

Keywords


Aplikasi, Android, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Fatta, H. A. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Hermawan, B. 2007. Menguasai JAVA 2 & Object Oriented Programming. Yogyakarta: Andi.

Jubilee Enterprise. 2013. Pemrograman Android Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Owens, M. 2006. The Definitive Guide to SQLite . United States of America: Apress.

Raharjo, B. 2011. Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika.

Safaat, N. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sakur, S. B. 2011. Pemrograman Berorientasi Objek-Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Shortcourse. 2013. Android Programming with Eclipse. Semarang: Wahana Komputer.

Winata, Rian. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekan Baru.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter