Aplikasi Layanan Pelanggan Jasa Dalam Bidang Kelistrikan Berbasis SMS Gateway Pada PT. PLN Persero Pangkalpinang

Franst Albert Tittaley(1), Raden Burham Isnanto Farid(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh bagi masyarakat. Berbagai layanan komunikasi, seperti SMS (Sort Message Service) yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan atau mengirimkan informasi kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan. Penggunaan fasilitas SMS pada setiap handphone juga relatif mudah dan bisa dioperasikan oleh banyak orang. Berawal dari teknologi komunikasi tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi layanan pelanggan berbasis SMS Gateway pada PT. PLN (Persero) Pangkalpinang yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi secara mudah, cepat, dan murah.Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, studi kepustakaan, analisa sistem dimana pada analisa sistem penulis menganalisa sistem yang ada, perancangan sistem, coding, compiler, testing dan implementasi program. Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan yang menggunakan jasa kelistrikan untuk me-request dan mengetahui informasi mengenai tagihan listrik, informasi no telphone per area sehingga menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi kapan pun dan dimana pun selagi masih terhubung ke jaringan seluler sehingga pelanggan tidak perlu datang ke PT. PLN (Persero). Aplikasi ini juga sangat membantu pihak instansi dalam memberikan informasi secara otomatis kepada semua pelanggannya tanpa pemberitahuan informasi melalui lisan maupun brosur edaran sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Keywords


SMS, aplikasi, informasi jasa kelistrikan, broadcast

Full Text:

PDF

References


Abusajid. 2006. Mengenal SMS ( Short Message Service). http://www.mobileindonesia.net/mengenal-sms-short-message-service/. diunduh 13 Mei 2016.

Bambang, Haryanto. 2003. Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java. Informatika : Bandung.

Cahyono, Setiyo. 2006. Panduan Praktis Pemrograman Database Menggunakan MySQL dan JAVA. Informatika: Bandung.

Deitel Harvey. M. And Paul. J. Deitel. 2003. Java How To Program, Fifth Edition. Prentice Hall : New Jersey.

Gunawan Ferry. 2003. Membuat Aplikasi SMS Gateway Server dan Client Dengan Java dan PHP. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Martine, Inge. 2003. Microsoft SQL Server 2000. PT. Elex Media Komputido: Jakarta.

Mulyana Y.B, S.Kom. 2003. Trik Membangun Situs Menggunakan PHP dan MYSQL. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Graha Ilmu : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v2i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter