Analisis dan Perancangan User Manager pada Mikrotik Router dengan Sistem Pembelian Kredit Voucher

William Frado Pattipeilohy(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaksesan internet dengan menggunakan layanan hotspot sudah menjadi gaya hidup saat ini. Mikrotik RouterBoard adalah sebuah board router yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik RouterOS, yaitu sistem operasi berbasis Linux yang didalamnya terdapat fitur layanan hotspot. Pada Mikrotik ini terdapat fitur tambahan yaitu User Manager yang merupakan web interface yang user friendly untuk manajemen hotspot.

Pada penelitian ini, server menggunakan Mikrotik RouterBoard750 dengan sistem operasi Mikrotik RouterOS bawaan versi 3.30 yg kemudian di-upgrade ke versi 4.17. User Manager mengikuti versi yang sama yaitu versi 4.11. Kemudian untuk remote Mikrotik dilakukan dengan menggunakan Winbox.Perhitungan pengaksesan internet dilakukan dengan menggunakan sistem voucher.Voucher dihitung berdasarkan besar quota akses maupun total waktu akses. Jika user ID dan password benar, maka pengaksesan internet dapat dilakukan.Pengguna dapat melakukan login tidak hanya di satu waktu tetapi dapat dilakukan berkali-kali, selagi kredit voucher masih ada.Jika telah mencapai batas kredit, maka akses internet secara otomatis dihentikan oleh sistem. Penggunaan akses internet ini dapat dilaporkan secara harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan.Dengan implementasi billing hotspot ini, penyedia layanan hotspot dapat melakukan manajemen pengaturan dan pengontrolan penggunaan akses internet secara terpusat dan terekaputilasi


Keywords


Hotspot, Mikrotik, User Manager, Billing, Voucher

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter