Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design

Yayuk Ike Melani(1*)

(1) STMIK PalComTech
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pengaduan layanan akademik yang ada pada STMIK PalComTech menggunakan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa setiap bulannya sehingga mahasiswa terkadang lupa untuk menyampaikan keluhan apa saja yang akan diberikan. Kuesioner hanya ditujukan kepada layanan konsumen, layanan dosen dan layanan BAAK. Belum tersedianya sistem pengaduan untuk Sarana dan Prasarana serta Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pengaduan layanan akademik yang ditujukan kepada mahasiswa untuk mempermudah mahasiswa dalam menyampaikan keluhannya terhadap layanan akademik setiap saat tanpa harus menunggu satu bulan untuk menyampaikan keluhan. Dalam pengembangannya sistem ini menggunakan
metode waterfall sedangkan desain dari sistem menggunakan responsive web desain yang dapat dibuka melalui komputer desktop atau handphone. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah
aplikasi yang digunakan sebagai sistem monitoring kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik yang diberikan oleh BAAK, Keuangan dan Sarpras serta memberikan hak kepada
mahasiswa untuk dapat menyampaikan keluhannya kepada pihak layanan akademik melalui media yang telah disediakan.

Keywords


Pengaduan; Mahasiswa; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Kurniati, E. and K. Kadarsih, MENGUKUR KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN BAAK AMIK AKMI BATURAJA. JURNAL MATRIK, 2017. 19(3): p. 237-246.

Huda, S., Sistem Informasi Keuangan Berbasis Desktop dengan Java Standard Edition & MYSQL di Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Diambil dari: http://www. academia. edu/8328077/SISTEMINFORMASI_KEUANGAN_BERBASIS_DESKTOP_DENGAN_JAVA_STANDARD _EDITION_and_MySQL_DI_SEKOLAH_TINGGI_TEKNOLOGI_NURUL_JADID_PAITO N_PROBOLINGGO, 2014.

Indriyani, S. and S. Mardiana, Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2016. 2(1): p. 1-13.

Baraja, A., Implementasi Sistem Informasi Akademik Di Universitas Surakarta. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2010. 1(2).

Rossheim, R.J., Report on proposed American standard flowchart symbols for information processing. Communications of the ACM, 1963. 6(10): p. 599-604.

Ariyanto, O.U., Penerapan Teknologi Responsive Web Design dan Framework Bootstrap untuk Pembuatan Aplikasi Web Reservasi Dokter pada Klinik Pratama Mardi Lestari. 2016, Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW.

Binanto, I., Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia, 2014.

Haryanti, S.S., Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2011. 3(1).




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter