PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK BROSUR PENJUALAN LAPTOP BERBASIS ANDROID

Dwi Yuny Sylfania(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada saat ini, peminat laptop atau komputer jinjing semakin meningkat dikarenakan kemajuan teknologi yang menuntut seluruh kalangan untuk membantu memudahkan dalam  menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien, dibandingkan dengan komputer.  Kebanyakan orang masih awam dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.  Keberadaan brosur yang beredar cukup membantu masyarakat, namun pada umumnya brosur untuk penjualan laptop hanya menyajikan tulisan atau gambar dalam bentuk dua dimensi yang terlihat kurang memuaskan.Teknologi augmented reality berbasis android dengan menggunakan nyartoolkit akan memvisualisasikan objek dalam bentuk tiga dimensi yang disertai informasi mengenai objek, yang mana kamera pada smartphone android akan membaca marker sehingga dapat menampilkan objek tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya pada layar smartphone.  Pengembangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan Eclipse Indigo.Konsep menghubungkan objek tiga dimensi terhadap objek nyata, augmented reality berbasis android dapat membantu menampilkan objek dengan cara yang berbeda, sehingga dapat menjadi alternatif multimedia brosur penjualan laptop berbasis android.

Keywords


Augmented reality, Nyartoolkit, Android, Smartphone Android

Full Text:

PDF

References


Allen, JP. Applying Object Oriented Programming, A Practical Guide. Massachusettes: Addison Wesley Inc, 2005

Ponniah, S. Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek. Bandung: Muara Indah, 2007

Handen, L. Costumer Relationship Management:A Strategic Imperative in the World of e Business, John Wiley & Sons Inc, 2000

Krueger, Richard A, Focus Group A Practical Guide for Applied Research, California: Sage PublicationInc, Newbury Park, 1998

Koentjoro, N. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005

Krueger, Richard A, Focus Group A Practical Guide for Applied Research, California: Sage PublicationInc, Newbury Park, 1998

Simarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI, 2010

Candra, Lio. 2012. Perancangan Sistem Interaksi Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Sampul Media Promosi Cetak. STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Huang, Ruei; Bai, 2012, Mobile Augmented Reality Based on Cloud Computing, National Taiwan University of Science and Technology

Mukhlis; Yuzti Perdana, 2012, Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia pada Smartphone Android, Jurnal Teknik Informatika, Vol 1 September 2012

Leonardo; Widya. 2013. Grounded Theory sebagai Metode Riset “Realitas Tertambah” di Museum Fatahillah. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol.10, No.4,Oktober 2014

H, Nazrudin Safaat. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung:Informatika

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta:Graha Ilmu

Tutorial AR Processing dan Nyar4sg: Controlling The Object ~ A.R.T Diambil pada April 2014

http://belajar-ar.blogspot.com/2012/06/tutorial-ar-processing-dan-nyar4sg.html

Download - NyARToolkit for Android - SourceForge.JP Diambil pada Juni 2014

http://sourceforge.jp/projects/nyartoolkit-and/releases/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang