PROTOTIPE SISTEM UJIAN ONLINE DAN PENILAIAN JAWABAN PESERTA SECARA REAL-TIME

Yohanes Setiawan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dibentuk untuk mempercepat kenaikan pangkat polisi-polisi reskrim dari Bintara menjadi Perwira, namun untuk mengikuti pendidikan di sekolah tersebut calon siswa mesti lulus dalam tes seleksi SIP yang diselenggarakan masing-masing Polda. Selama ini, setiap kali Polda Babel mengadakan tes seleksi SIP selalu menggunakan media kertas yang hanya bisa digunakan sekali pakai, sehingga mengakibatkan pemborosan biaya operasional. Dalam menyelenggarakan ujian tes seleksi SIP Tahun Anggaran 2016, kali ini Polda Babel menggandeng STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, khususnya untuk Ujian Akademik Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi Polda Babel dalam menyelenggarakan tes seleksi SIP dan menghasilkan prototipe sistem ujian online Ujian Akademik Bahasa Inggris. Selain itu, prototipe ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam bentuk transparansi hasil dari ujian online tes seleksi SIP yang diperoleh, baik bagi peserta, pengawas, maupun pihak lain yang berkepentingan. Dalam merancang bangun prototipe sistem ujian online ini digunakan metode penelitian model incremental dengan filosofi prototipe iteratif dan menggabungkan elemen-elemen model sekuensial linear (system development life cycle) yang terdiri atas kegiatan analisis, perancangan, dan implementasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah prototipe sistem ujian online dan penilaian jawaban peserta yang mampu menampilkan skor nilai yang diperoleh tiap peserta secara real-time. Prototipe ini nantinya dapat diakses oleh seluruh peserta menggunakan jaringan intranet kampus STMIK Atma Luhur. Dengan model pengacakan soal pada basisdata, diharapkan soal-soal ujian yang keluar dapat bervariasi, dinamis, dan mencegah bagi peserta untuk saling mencontek.

Keywords


sistem ujian online, ujian berbasis web, tes Sekolah Inspektur Polisi, sistem ujian paper-less, transparansi hasil penilaian, polda babel, penilaian jawaban secara real-time.

Full Text:

PDF

References


(2013) Website Liputan6. [Online]. Tersedia: http://news.liputan6.com/read/628690/polri-dirikan-sekolah-inspektur-polisi-khusus-reskrim.

(2016) Website Babelpos.Co.Id. [Online]. Tersedia: http://babelpos.co.id/?p=27581.

A. Fahmi, “Desain Model Sistem Ujian Online”, Prosiding Semantik 2011, 2011, Vol. 1 No. 1.

R. Tilloo. (2013) Technotrice. [Online]. Tersedia: http://www.technotrice.com/incremental-model-in-software-engineering/.

A. P. Kusworo, “Pembuatan Sistem Ujian Online”, Tugas Akhir, Program Diploma III Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, 2010.

A. Rouf, “Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box Dan Black Box”, HIMSYATECH - Jurnal Teknologi Informasi, 2012, Vol. 8 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang