PROTOTIPE E-COMMERCE BERDASARKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

Parlia Romadiana(1*), Hengki Hengki(2), Chandra Kirana(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berbagai bidang perusahaan saat ini sudah mengaplikasikan sistem E-Commerce. Omega computer Pangkalpinang saat ini masih melakukan penjualan dengan cara face to face.. Banyak nya perusahaan yang bergerak dibidang penjualan laptop dan accesoris baik di Pangkalpinang maupun di luar Bangka Belitung juga akan menjadi salah satu ancaman kepada Omega Computer Pangkalpinang dimana dengan banyaknya pilihan perusahaan dengan penjualan yang sama akan membuat para calon customer membanding-bandingkan setiap perusahaan tersebut untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Calon customer tidak hanya membandingkan tentang harga dari produk, namun pelayanan juga menjadi penilaian yang penting. Oleh karena itu Omega Computer harus bergerak untuk menciptakan suatu sistem yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara membuat sebuah prototipe E-Commerce berdasarkan konsep CRM. Metode yang digunakan dalam menganalisis proses bisnis yaitu metode work centered analysis (WCA). Perancangan prototipe dengan metode analisis dan perancangan berorientasi obyek (object oriented analysis and design) menggunakan unified modelling language (UML). Pengujian validasi dilakukan dengan focus group discussion (FGD) dan kualitas prototipe yang dihasilkan diuji berdasarkan empat karakteristik kualitas perangkat lunak model ISO 9126, yaitu: functionality, reliability, usability, dan efficiency menggunakan metode kuesioner. Hasil penelitian adalah terbentuknya sebuah prototipe E-Commerce berdasarkan konsep CRM yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer.

Keywords


E-Commerce, CRM, UML, work centered analysis, Focuss Group Discussion, ISO 9126.

Full Text:

PDF

References


Al-Qutaish, Rafa, E. “Quality Models in Software Engineering Literature: An Analytical and Comparative Study.” Journal of American Science, vol. 6 (2010): 166-175.

Handen, L. Costumer Relationship Management:A Strategic Imperative in the World of e Business, John Wiley & Sons Inc, 2000

Indrajit, Richardus E. e-Commerce : Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, 2001.

Irwanto, J. Focused Group Discussion (FGD) : Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.

Mira Afrina dan Ali Ibrahim.“Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 5 (2013): p629-644.

OBrien, J.A., These advantages facilitated the growth of the Internet retailers, Mcgraw-Hill Companies, Inc, 2003.

Ponniah, S. Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek. Bandung: Muara Indah, 2007.

Rachmat Hidayat. “Sistem Informasi Ekspedisi Barang dengan Metode E-CRM untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Customer” Jurnal Sisfotek Global, Vol. 1(2014):p41-45.

Rika Yunitarini, dkk. “Implementasi Perangkat Lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM”. Jurnal EECCIS, Vol. 6 (2012): p83-90.

Sri Karnila. “Pemodelan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Dan Sms Dalam Pengelolaan Lowongan Pekerjaan Bagi Alumni Perguruan Tinggi Dengan Framework Zachman”. Seminar Nasional Sains dan teknologi V Lembaga Penelitian Universitas Lampung. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang