PROTOTIPE APLIKASI UNTUK MENGETAHUI TATA LETAK ATM DI PANGKALPINANG PADA SMARTPHONE ANDROID

Ari Amir Alkodri(1*), Burham Isnanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem informasi geografis telah berkembang cukup pesat, dengan media layanan internet dan sistem navigasi atau GPS (Global Positioning System) yang terdapat pada smartphone, serta google maps produk google jasa peta yang bersifat virtual, gratis, dan online. Masalah yang diteliti adalah ATM sudah menjadi satu tempat yang dicari saat mengambil uang, tetapi bagi masyarakat yang tidak mengenal daerah pangkalpinang akan kesulitan dalam menemukannya. Masyarakat bisa mengakses peta dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Namum google maps tidak menampilkan lokasi tempat seutuhnya, khususnya dikota pangkalpinang. Metode yang dilakukan adalah dengan metode analisis pengumpulan data dan survey sedangkan metode perancangan menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian berupa pemetaan lokasi letak ATM oleh perusahaan finance untuk mempermudah para masyarakat untuk mencari lokasi ATM diwilayah pangkalpinang  saat berada dikota pangkalpinang dengan menggunakan media layanan internet dan smartphone yang menggunakan sistem operasi android.

Keywords


Sistem informasi geografis, google maps, GPS (global positioning system), smartphone, Android.

Full Text:

PDF

References


Allen, S., Graupera, V., & Lundrigan, L. (2010). Pro Smartphone Cross-Platform Development: iPhone, Blackberry, Windows Mobile, and Android Development and Distribution. United States of America: Apress.

Badan Pusat Statistik. (2011). Retrieved Juli 17, 2013 dari http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=17&notab=12

Corral, L., Sillitti, A., & Succi, G. (2012). Mobile multiplatform development: An experiment for performance analysis. The 9th International Conference on Mobile Web Information Systems (MobiWIS) (hal. 1-8). Italy: Elsevier Ltd.

Dasrizal. Membuat Geografis System (GIS) Sederhana Dengan Google Maps dan Ajax jQuery

Dede, E., Govindaraju, M., Gunter, D., Canon, R., & Ramakrishnan, L. (2013). Performance Evaluation of a MongoDB and Hadoop Platform for Scientific Data Analysis. Retrieved September 19, 2013, from http://datasys.cs.iit.edu/events/ScienceCloud2013/p02.pdf

Enterpise, jubilee. Pemograman Android untuk pemula. Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

Gargenta, M. (2011). Learning Android. USA: O’Reilly Media, Inc.

Moedjiono. Pedoman Penelitian, Penyusunan dan Penilaian Tesis (V.5). Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2012. pascasarjana.budiluhur.ac.id (diakses 20 Mei 2014)

Meier, R. (2010). Professional Android™ 2 Application Development. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc

Pressman, R.S. (2010). Software Engineering : A Practitioner's Approach (7th ed.). New York, United States of America: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Suprianto, Dodit dan Rini Agustina, S.Kom, M.Pd. Pemograman Aplikasi Android. Penerbit MediaKom, Yogyakarta, 2012.

Sebesta, Robert W. (2011). Programming the World Wide Web. 6th Edition. Pearson Education Inc.: Boston.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang