Identifikasi Citra Untuk Mengidentifikasi Jenis Daging Sapi Segar Menggunakan Wavelet

Kiswanto Kiswanto(1*), Sujono Sujono(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan penelitian tentang identifikasi citra untuk mengidentifikasi jenis daging sapi dengan menggunakan wavelet. Penelitian tersebut dimaksudkan untuk melihat kinerja Wavelet dalam mengidentifikasi jenis daging sapi. Metode penelitian dilakukan dengan proses pengolahan citra dengan cara menghitung nilai R, G dan B pada setiap citra daging, kemudian dilakukan proses normalisasi untuk mendapatkan nilai indek R, indeks G dan indeks B dan dilakukan proses konversi dari model RGB ke model HSI untuk mendapatkan besaran nilai Hue, Saturation dan Intensity. Nilai yang dihasilkan dari proses pengolahan citra digunakan sebagi parameter masukan program verifikasi.  Hasil penelitian adalah diketahui akurasi tertinggi yang dihasilkan oleh wavelet adalah 80% pada jenis daging sapi segar, daging sapi segar  dibekukan, sedangkan akurasi terendah adalah 33,3% terjadi pada daging sapi segar direndam air.

Keywords


Identifikasi, Wavelet.

Full Text:

PDF

References


Astawan, 2004. Desain pembuatan alat penggiling daging berdasarkan metode quality, Universitas Kristen Petra.

Agfianto Eko Putra 2008. Analisis sinyal seismik Gunung merapi, jawa tengah - indonesia Menggunakan metode adaplet (tapis adaptif berbasis wavelet), Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada.

Gonzalez dan Woods 2002. Landasan Teori Pengolahan Citra Digital, Universitas Sumatera Utara.

H.B. Kekre dkk 2010. Query by Image Content using Color-Texture Features Extracted from Haar Wavelet Pyramid”, Computer Engineering Department, MPSTME, NMIMS (Deemed-to-be University), Mumbai, India.

Hunny Mehrotra dkk, 2009. Multi-Algorithmic Iris Authentication System, Institute of Technology Kanpur, India.

I Gede Arta Wibawa 2010. Aplikasi Pengenalan Selaput Pelangi (Iris) Menggunakan Transformasi Wavelet Haar. Fakultas MIPA Universitas Udayana.

Kurnia Putra dkk, 2008. Identifikasi Keberadaan Kanker Pada Citra Mammografi Menggunakan Metode Wavelet Haar, Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang.

Rosanita Listyaningrum dkk, 2007. Analisis tekstur menggunakan Metode transformasi paket wavelet, Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang.

Sri Usmiati dkk, 2009. Pengaruh Penggunaan Bakteriosin dari Lactobacillus sp. Galur SCG 1223 Terhadap Kualitas Mikrobiologi Daging Sapi Segar, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Tonah, 2006. Pendekatan Regresi Kontinum dalam Model Kalibrasi, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Yeni Herdiyeni, 2008. Pengenalan Tanda Tangan Algoritme VFI5 Melalui Praproses Wavelet, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Yuli Astriani dkk, 2007. Pemampatan Data Citra Berwarna Dengan Alihragam Wavelet Haar, Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang