Penerapan Metode RAD Pada Sistem Pengajuan Pengambilan Data Penelitian Bankesbangpol Kota Palembang

Arsia Rini(1*), Fatmariani Fatmariani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kota Palembang memiliki tugas dalam memberikan izin penelitian untuk instansi pemerintah dan swasta. Bankesbangpol Kota Palembang sudah memiliki website yang memberikan informasi secara umum tentang Bankesbangpol. Website tersebut belum memberikan informasi yang terperinci tentang ketentuan umum pengambilan data penelitian. Kendalanya adalah sebagian besar peneliti tidak mengetahui mekanisme dan ketentuan umum pengambilan data penelitian, admin juga sulit melakukan pengolahan data dan data yang disimpan sulit diakses. Maka diperlukan sistem pengajuan pengambilan data penelitian berbasis website untuk memberikan kemudahan bagi peneliti dalam mendapatkan informasi dan ketentuan umum pengajuan pengambilan data penelitian, serta mempermudah Bankesbangpol dalam pengolahan data, menghasilkan informasi yang cepat dan akurat,  serta bisa diakses secara online. Teknik pengembangan sistem pada website ini dengan penerapan metode Rapid Application Development (RAD). Rapid Application Development (RAD) merupakan metode pengembangan sistem yang memiliki keunggulan karena tahapan yang singkat dan cepat seperti  tahapan requirements planning untuk mengidentifikasi tujuan dari aplikasi atau sistem, tahapan RAD design workshop (pemodelan) untuk membangun tampilan visual desain dan alur kerja pengguna dan tahapan implementasi untuk pembangunan  sistem dan pengujian. Sehingga dengan tahapan-tahapan tersebut penerapan metode RAD sangat tepat dan sesuai dalam pembangunan sistem berbasis website.

Keywords


penelitian, pengajuan, pemerintahan, website, sistem

Full Text:

PDF

References


Hamzah, H., Saptono, R., & Anggrainingsih, R. 2017. Development of Software Size Estimation Application using Function Point Analysis (FPA) Approach with Rapid Application Development (RAD). ITSmart: Jurnal Teknologi dan Informasi, 5(2), 96-103.

Aswati, S., Ramadhan, M. S., Firmansyah, A. U., & Anwar, K. 2017. Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Matrik, 16(2), 20-27.

Fauzi, A., & Harli, E. 2017. Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 76-81.

Hadinata, N. 2015. Implementasi Teknologi Sencha Touch Pada Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi dan Informatika, 5(3), 164-176.

Manulang, D., Abdillah, L. A., & Kurniawan, K. 2017. Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan CMS Wordpress pada Toko Soraya Shop dengan Menerapkan Metode RAD. In Seminar Hasil Penelitian Sistem Informasi dan Teknik Inormatika ke-3 (SHaP-SITI2017). Fakultas Ilu Komputer Universitas Bina Darma.

Widiyantoro, R., Dharmawan, Y., Mawarni, A., & Agushybana, F. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Dokter Keluarga (Studi Kasus Pada Salah Satu Klinik di Kelurahan Bulusan).Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 4, Nomor 3 (ISSN: 2356-3346).

K. E. Kendall and J. E. Kendall, 2010, Analisis dan Perancangan Sistem,Indeks, Jakarta.

Karim, J. 2016. Sistem Penunjang Keputusan Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Analysis Hierarchy Proses Pada Pt. Nsc Finance Marisa. Teknosains, 10 (1), 111-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang