Aplikasi Audit Mutu Akademik Internal dengan Pendekatan Extreme Programming

Adelin Adelin(1*), Hendra Effendi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Audit Mutu Internal Akademik (AMAI) pada STMIK PalComTech bertujuan untuk salah satunya memeriksa sesuai atau tidaknya unsur-unsur mutu yang ada dengan standar mutu yang telah ditetapkan, dengan harapan dapat meningkatkan akreditasi program studi dari C menjadi minimal B. Instumen- instrumen yang digunakan pada proses audit akademik STMIK PalComTech masih berupa form isian yang diisi secara manual. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi klien untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses audit. Belum ada sistem yang terintegrasi antara klien dengan auditor yang dapat mendokumentasi file-file yang terkait dengan proses audit. Extreme Programming (XP) merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak Agile yang paling populer. XP merupakan pendekatan yang disusun dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengembangan perangkat lunak yang dilakukan oleh tim kecil untuk menghadapi lingkungan yang tidak pasti dan senantiasa berubah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) yang dapat mengintegrasikan data-data yang dimiliki oleh klien dengan dokumen mutu akademik yang dibutuhkan untuk keperluan audit akademik. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Extreme Programming. Penelitian ini berkontribusi dalam mempermudah pendokumentasian dokumen mutu akademik perguruan tinggi, mempermudah dalam pemetaan resiko mutu perguruan tinggi, mendukung STMIK Palcomtech dalam meningkatkan akreditasi program studi, mempermudah  asesor  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT) dalam mengakses dokumen yang dibutuhkan untuk penilaian akreditasi, serta memberikan pengembangan keilmuan dalam bidang pemrograman web dan rekayasa perangkat lunak.

Keywords


Audit Mutu Internal Akademik, extreme programming, akreditasi, aplikasi AMAI

Full Text:

PDF

References


T. A. Aji, E. Utami, and A. Sunyoto, "Evaluasi Sistem Informasi yang Dikembangkan Dengan Metodologi Extreme Programming," Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), vol. 15, no. 4, pp. 53-62, 2014.

T. Sandika and H. Kurniawan, "Rancang Bangun Sistem Informasi Kualitas Air Wilayah Sungai di Provinsi Lampung dengan Metode Personal Extreme Programming," Jurnal Ilmiah ESAI, 2014.

A. Darmawan and M. S. Hasibuan, "Analisis dan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Audit Mutu Internal dan Dokumentasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi," Jurnal Generic, vol. 9, no. 2, pp. 342-347, 2015.

A. Wibowo and A. Azimah, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping Development," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, pp. 4-11-103, 2016.

J. Dorette Jacob, "Comparing agile xp and waterfall software development processes in two start-up companies," 2011.

Q. Widayati and U. Ependi, "RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS ISTILAH AKUNTANSI PADA SMARTPHONE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 2, no. 1, pp. 1-13-7, 2014.

S. Kosasi, "Pembuatan Sistem E-Commerce Produk Meubel Berbasis Komponen," PROCEEDING IC-ITECHS 2014, vol. 1, no. 01, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang