Analisa dan Perancangan Sistem Papan Informasi Elekronik Terintegrasi di Universitas

Catur Nugrahaeni Puspita Dewi(1*), Ridwan Raafi’udin(2), Bayu Hananto(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan informasi semakin tinggi pada era teknologi yang semakin berkembang. Penyampaian informasi yang cepat dan aktual menjadi suatu tantangan tersendiri dalam mengembangkan suatu teknologi informasi. Di kampus UPNVJ banyak sekali infomasi aktual yang belum tersampaikan kepada civitas akademik maupun stakeholder. Sehingga banyak informasi yang menjadi tidak efektif karena keterbatasan teknik penyampaiannya.Papan infomasi yang terpasang di sudut-sudut kampus menjadi sarana penyampaian infomasi saat ini, dengan bentuk yang masih konvensional yaitu dengan menempelkan kertas yang tercetak informasi pada papan tersebut. Kecepatan dan nilai kemungkinan untuk dibaca oleh penerimaaa informasi menjadi sangat kecil.Untuk menangani hal tersebut, dalam penelitian ini memberikan metode pengembangan teknologi sistem infomasi yang dengan dibangunnya papan informasi elektronik. Papan tersebut merupakan perangkat elektronik berupa monitor besar yang akan menampilkan informasi secara realtime. Desain tampilan dan komponen informasi dianalisa dan dirancang untuk disesuaikan dengan kebutuhan kampus. Salah satu infomasi yang disampaikan berupa data terintegrasi dari sistem akademik yang sudah ada, sebagai contoh jadwal kuliah.Dengan menggunakan papan informasi elektronik ini diharapkan mampu menyampaikan informasi di lingkungan kampus dengan cepat dan tersampaikan. Sehingga dengan infomasi yang cepat dan akurat akan meningkatkan produktivitas kampus tersebut.

Keywords


Papan Informasi Elektronik, Sistem Informasi Terintegrasi

Full Text:

PDF

References


Ajireswara, Anindito. 2011. Penggunaan Kerangka SDLC dalam Mengembangkan Database Managemen System, (Tesis). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Alamsyah. 2011. Sistem Informasi Nilai Siswa Universitas Dasar Sebagai Penunjang Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No. 4. Halaman 287 – 299.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dennis, Alan, at.al. 2009. "Systems Analysis and Design with UML – 3rd Edition". John Wiley & Sons, Inc.

Hartadi, Lupiyo. 2012. Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL Di SMA N 1 Tayu. (Skripsi). Fakultas Teknik Universias Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto, H. M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Jogyakarta: Andi

Kadir, Abdul. 2013. “Pengenalan Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta.

Mansur, Kasmawi. 2012. Perancangan Sistem Informasi universitas Tingkat Sltp Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Berbasis Web. Jurnal Inovtek Volume 2, No Halaman 119-128.

Nugrahaeni, Catur. 2016. Pengembangan Sistem Perpustakaan Terintegrasi Pada Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta. Jurnal Ilmu Komputer, Vol. 1 – No. 1 Halaman 13 – 27.

Sofana, Iwan. 2013. Membangun Jaringan Komputer : Mudah membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk pengguna Windows dan Linux. Bandung: Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang