Logika Fuzzy Untuk Penentuan Peminatan Pada SMAN 1 Pangkalpinang

Eza Budi Perkasa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peminatan merupakan salah satu elemen dalam Kurikulum 2013. Peminatan dapat dipilih ketika siswa mulai menduduki bangku SMA. SMAN 1 Pangkalpinang merupakan sekolah percontohan dalam penerapan kurikulum tersebut. Dalam penentuan peminatan, panitia penerimaan siswa baru masih melakukannya secara manual. Hal tersebut akan menimbulkan perbedaan pendapat antara siswa bersangkutan dan pihak sekolah. Oleh karena itu, penelitian kali ini menawarkan aplikasi penentuan peminatan berbasis logika fuzzy. Model yang digunakan untuk perancangan sistem inferensi adalah model Sugeno height method. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah proses penentuan peminatan menjadi lebih cepat dan tepat sesuai harapan siswa bersangkutan. Kesimpulan umum yang dapat diperoleh adalah aplikasi olah data peminatan dengan memanfaatkan logika fuzzy dapat digunakan sebagai pendukung keputusan kelompok peminatan siswa.

Keywords


Logika fuzzy, model Sugeno height method, peminatan

Full Text:

PDF

References


Sutojo, T., Mulyanto, E., dan Suhatono, V., 2011, Kecerdasan Buatan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Permatasari, H. S., Kridalaksana, A. H., dan Suyanto, A, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi di Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi Kasus: Fakultas MIPA), Jurnal Informatika Mulawarman, No.1, Vol.10, 32-37.

Dzulhaq, M. I. dan Imani, R., 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Jurusan Menggunakan Fuzzy Inference Sistem Metode Mamdani, Jurnal Sisfotek Global, No.2, Vol.5, 75-80.

Tamam, M. T., Taufiq, A. J., dan Amri, F., 2011, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan di SMU Dengan Logika Fuzzy, Techno, No.2, Vol.12, 65-68.

Azmiana, Z., Bu’ulolo, F., dan Siagian, P., 2013, Penggunaan Sistem Inferensi Fuzzy Untuk Penentuan Jurusan di SMA Negeri 1 Bireuen, Saintia Matematika, No.3, Vol.1, 233-247.

Satiti, D. dan Kurniawan, Y. I., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Jurusan SMA N 2 Sukoharjo Dengan Menggunakan Metode Fuzzy, Prosiding Seminar Nasional Geotik, Surakarta.

Malik, J. dan Tohir, A. S., 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Senat Mahasiswa Dengan Logika Fuzzy, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015, Yogyakarta, 6-8 Februari.

‘Uyun, S. dan Madikhatun, Y., 2011, Model Rekomendasi Berbasis Fuzzy Untuk Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, Jurnal Informatika, No.1, Vol.5, 440-451.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang