Prototipe Sistem Informasi Pengolahan Data Rawat Jalan Pada Poliklinik Gigi Puskesmas Lubuk Besar Kab.Bangka Tengah

Anisah Anisah(1*), Junian Hermawan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi informasi sangat berguna bagi perusahaan, instansi maupun organisasi dalam kaitannya untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sehingga dapat memudahkan pimpinan nantinya dalam pengambilan sebuah keputusan. Untuk saat ini pengolahan data rawat jalan pasien khusus-nya poliklinik gigi di Puskesmas Lubuk Besar masih dilakukan secara manual. Masalah yang ditemukan dengan menggunakan sistem manual tersebut adalah, proses pembuatan laporan dan pencarian data yang berkaitan dengan sistem rawat jalan membutuhkan waktu yang agak lama. Dokumen yang berkitan dengan sistem rawat jalan tersebut rentan hilang karena terdapat banyak tumpukan dokumen yang berkitan dengan rawat jalan karena penyimpanan datanya masih menggunakan lemari arsip. Berdasarkan masalah yang ditemukan tersebut, sebuah sistem informasi yang terkomputerisasi dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Metode yang digunakan menggunakan metode waterfall. Alat bantu yang digunakan untuk memodelkan perangkat lunak menggunakan diagram Unified Modeling Languange (UML) sehingga terbentuk  prototipe. Dengan adanya sistem informasi ini, semua yang berkaitan dengan rawat jalan terutama berkaitan dengan penyimpanan data yang masih menggunakan lemari arsip dapat ditingkatkan menjadi lebih baik yaitu dengan menggunakan database, sehingga pencarian data dan pembuatan laporan dapat dilakukan secara cepat dan semua proses yang berkaitan dengan rawat jalan dapat berjalan dengan baik.

Keywords


Sistem Informasi, Rawat Jalan Poliklinik Gigi, Diagram UML

Full Text:

PDF

References


Wuner, S. A., Rizal, S., Oktavian, A. L., 2014, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Poliklinik Unsrat Berbasis Web, E-journal Teknik Informatika, vol 4, :https://ejournal.

Fajarita, L., Andhis, S. B., Habib, A. S., Ruli, B., 2014, Rancangan Bangun Sistem Informasi Rawat Jalan Pada Klinik Wahaluya Sejati Abadi, Seminar Nasional Sistem. Informasi, indonesia, 22 September.

Budiono, Y., Halim, B. S., 2016, Sistem Informasi Klinik Gigi Berbasis Web, Journal EKSIS, vol 09, hal 13-19,:https://ti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/eksis/article/view/477.

Rosa A. S., Dan M. Shalahuddin, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Munawar, 2005,“Pemodelan Visual dengan UML” , Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal TI Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang