PENINGKATAN KEAHLIAN SISWA DALAM MEMBUAT MEDIA PROMOSI CETAK PRODUK UMKM PADA SMK BAKTI PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.32736/abdimastek.v3i2.1525Abstract
Pada akhir masa belajar siswa SMK umumnya dilaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi dari siswa tersebut. Aspek keahlian yang dinilai pada UKK di SMK Bakti Pangkalpinang meliputi keterampilan siswa dalam membuat media promosi cetak produk UMKM. Tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa siswa yang belum mampu mengoperasikan software graphic design secara baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dilakukan workshop untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan software graphic design satu minggu sebelum UKK. Berdasarkan hasil evaluasi, workshop yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan keterampilan peserta dalam menggunakan software graphic design secara efektif, yaitu rata-rata sebesar 9,88%. Setelah mengikuti workshop, predikat kompetensi dari 34 peserta didominasi dengan kompeten sebanyak 52,94%, disusul sangat kompeten sebanyak 41,18%, dan cukup kompeten sebanyak 5,88%References
Sudradjat, & Djanegara, M. S. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi di SMK Pembangunan Kota Bogor. JADKES (Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.321
Slamet, Pratikno, H., & Maulana, Y. M. (2021). Workshop Jarkom Berbasis Cisco dan Mikrotik untuk Persiapan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi Guru dan Murid di SMK Kartika 1 Surabaya. SHARE (Journal of Service Learning), 7(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/share.7.1.1-7
Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121. Retrieved from http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425
Widodo, Y. B. (2019). Pengujian Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Jakarta Raya 3. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i1.377
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Anggraeni, R. D., Sulton, & Sulthoni. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096
Korosando, F., & Raji, M. N. (2020). Kemampuan Akademik Peserta Ujian Kompetensi Sekolah Menengah Kejuruan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 142–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.335
Ireel, A. M., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2018). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Merekduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII SMP N 22 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–10.
Alvi, A. F., & Efrizon. (2019). Kontribusi Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Pengalaman Prakerin Terhadap Hasil UKK. VOTEKNIKA (Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 112–119.
Yani, A., Anoi, Y. H., & Hamdani, W. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pra Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Jurusan Teknik Otomotif kepada Siswa SMK Rigomasi Bontang. JABB (Jurnal Abdimas Bina Bangsa), 1(1), 128–136. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.48
Sukmadani Rusdi, M., Rifqi Efendi, M., Afriyani, Rustini, Eka Putri, L., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani, 1(1), 47–51. Retrieved from https://doi.org/10.25008/altifani
Zainal, V. Y., Rahmawati, F., & Hidayat, N. (2019). Memotivasi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dalam Mengikuti Uji Kompetensi (Ujikom). Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–4.
Primasari, N. S., & Ghofirin, M. (2021). Sosialisasi Kesiapan Masyarakat Menuju Transaksi Digital di Era New Normal Life. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.110
Sakarinto, W. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2020/2021. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/11jkn99XcnvPFW0Dst7hy4fWmQZboVqgf/view
Hendrawati, W., Rosidi, & Sumar. (2020). Aplikasi Metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam Program Tahfidzul Quran pada Santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. LENTERNAL : Learning and Teaching Journal, 1(2), 1–8. Retrieved from https://doi.org/10.329231270/