PENGARUH IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN USAHA YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.32736/abdimastek.v2i2.1311Kata Kunci:
KUBE UMKM, Digital Marketing, Strategi PemasaranAbstrak
Teknologi saat ini terus berkembang pesat dan manfaat penggunaan internet dirasakan oleh semua kalangan, khususnya untuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kegiatan penelitian ini mitra kami adalah kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (KUBE UMKM) di wilayah desa ciwidey yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan makanan kemasan di kabupaten bandung. Sebagai mitra produsen umkm yang berada di Kabupaten Bandung ini sudah ada sejak lama dan berlangsung turun temurun. Namun, kegiatan pemasaran masih tradisional. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan tentang pentingnya menggunakan digital marketing sehingga sistem pemasaran mereka dapat lebih luas jangkauannya, efektif, terukur, tertarget dan lebih efisien biaya nya dapat mendukung kegiatan penjualan dengan lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga membantu pelaku usaha untuk membuat akun bisnis di media digital (yaitu Google Business, Market Place, dan Instagram), serta cara mengoptimalkan dan mengelola media digital tersebut. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah dilatih dan didampingi sehingga dapat membuat dan mengelola akun bisnis Google, Market Place dan Instagram, artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional, dan laporan kegiatan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan memberikan pelatihan tutorial membuat akun di media digital dan cara mengelola media digital. Dilihat dari hasil yang diperoleh dari acara ini, maka direkomendasikan untuk melakukan pembinaan secara berkala dan berkesinambungan mengenai penggunaan digital marketing sebagai alternatif strategi pemasaran efektif agar dapat mencapai hasil yang terbaik dalam mendukung kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan bisnis KUBE UMKM.Referensi
Ascharisa. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Fadillah, M. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace Di Indonesia. Banten, Universitas Muhammadiyah.
Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. 7(1), 67–74.
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.
Ridwan, I. M. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “ WAGE ” Bandung. 2(1), 137–142.
Rukmana, A., & Sukanta, T. (2020). Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada Industri Mikro Dan Kecil Panganan Keripik Kemasan Di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi nCoV-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 37–53. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.48
Wardhana, A. (2018). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan. August.