Analisis Kepuasan Mahasiswa Yang Mengikuti Online Learning Mata Kuliah Statistik Ekonomi (Studi Kasus Mahasiswa Isb Atma Luhur)

Maya Saftari(1*), Lili Indah Sari(2)

(1) ISB Atma Luhur
(2) ISB Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Dugaan awal penelitian adalah pengaruh pembelajaran online (Online Learning) terhadap kepuasan pengguna. Data diperoleh dari responden yaitu  mahasiswa semester 7 yang menjalankan mata kuliah Statistik Ekonomi yang mengambil kelas Online yang berjumlah 46 mahasiswa dari 155 mahasiswa. Pengumpulan data yaitu memberikan lembar instrumen kuisioner dengan beberapa pertanyaan sebagai indikator yang dirancang menggunakan skala Likert yaitu sangat tidak setuju, kurang setuju, cukup setuju, setuju, dan sangat setuju yang sudah dinyatakan valid dan reliabel dari penelitian sebelumnya. Metode penelitian adalah Partial Least Square (PLS) Analisis data diperoleh dari pengolahan data dengan memanfaatkan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Analisis data meliputi analisis jalur dengan beberapa tahapan yaitu analisis outer model dan inner model serta uji hipotesis. Dari hasil analisa data disimpulkan bahwa beberapa faktor diantaranya faktor Kualitas informasi (KI), Kualitas layanan (KL), dan Perceived Ease of Use (PEOU) mempengaruhi kepuasaan pengguna (mahasiswa) dalam pembelajaran secara online (online learning) yang menjalankan mata kuliah Statistik Ekonomi. 

Full Text:

PDF

References


G. Naveh, D. Tubin, and N. Pliskin, “Student satisfaction with learning management systems: A lens of critical success factors,” Technol. Pedagog. Educ., vol. 21, no. 3, pp. 337–350, 2012, doi: 10.1080/1475939X.2012.720413.

L. T. Utomo, Y. T. Ardianto, and N. Sisharini, “Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik universitas merdeka malang,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 149–160, 2017.

F. Sary, A. Prasetio, and M. Moslem, “Analisis Faktor-Faktor Kesuksesan E-Learning dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Di Universitas Telkom,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 8, no. 2, pp. 194–206, 2021, doi: 10.17977/um031v8i22021p194.

K. D. H. Pohan and R. Rahmidani, “Perngaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Learning,” J. Ecogen, vol. 4, no. 2, p. 270, 2021, doi: 10.24036/jmpe.v4i2.11050.

N. Samuel, S. A. Onasanya, and C. O. Olumorin, “Perceived usefulness, ease of use and adequacy of use of mobile technologies by Nigerian university lecturers,” Int. J. Educ. Dev. using Inf. Commun. Technol., vol. 14, no. 3, pp. 5–16, 2018.

A. Y. Alsabawy, A. Cater-Steel, and J. Soar, “Determinants of Perceived Usefulness of E-learning Systems,” Comput. Human Behav., vol. 4, pp. 843–858, 2016.

R. Pratiwi, “Fostering Job Satisfaction: The Role of Communication Quality and Colleague Support in Job Involvement,” AKSES J. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 2, pp. 66–70, 2020, doi: 10.31942/akses.v14i2.3270.

Widiarsa, “Kajian pustaka (literature review) sebagai layanan intim Pustakawan berdasarkan kepakaran dan minat Pemustaka,” Media Inf., vol. 28, no. 1, pp. 111–124, 2019, doi: 10.22146/mi.v28i1.3940.

I. Pujihastuti, “Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian,” CEFARS, vol. 2, no. 1, pp. 43–56, 2010.

M. Saftari and S. Sinta, “Analisis Faktor Peserta , Pelatih , Prasarana , serta Materi Pelatihan yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS,” Indiktika J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 86–98, 2022.

M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, Partial Least Squares Structural Equation Modeling. 2021. doi: 10.1007/978-3-319-05542-8_15-2.

J. F. Hair, J. J. Risher, M. Sarstedt, and C. M. Ringle, “When to use and how to report the results of PLS-SEM,” Eur. Bus. Rev., vol. 31, no. 1, pp. 2–24, 2019, doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.

R. Hidayat, S. N. A. Syed Zamri, and H. Zulnaidi, “Exploratory and confirmatory factor analysis of achievement goals for indonesian students in mathematics education programmes,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 14, no. 12, pp. 1–12, 2018, doi: 10.29333/ejmste/99173.

Ghozali & Latan, “Partial Least Square SEM (PLS - SEM).,” Partial Least Sq., 2015.

W. Alwi, E. Ermawati, and S. Husain, “ANALISIS REGRESI LOGISTIK BINER UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN PENGUNJUNG PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MAJENE,” J. MSA ( Mat. dan Stat. serta Apl. ), 2018, doi: 10.24252/msa.v6i1.4783.

A. Ermawati, “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Produk United,” AGORA, vol. 6, no. 2, 2018.

D. Junianto and J. Sabtohadi, “Pengaruh Sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Pabrik Gula,” Equilib. J. Ilm. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.35906/je001.v9i1.423.

M. Sarstedt and J. H. Cheah, “Partial least squares structural equation modeling using SmartPLS: a software review,” Journal of Marketing Analytics. 2019. doi: 10.1057/s41270-019-00058-3.

E. U. Nikmatus Sholiha and M. Salamah, “Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013),” J. Sains Dan Seni ITS, vol. 4, no. 2, pp. 169–174, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.