Analisis Keputusan Investasi Saham Dengan Analisis Teknikal Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

seno Hadi Saputro(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract This study aims to analyze stock investment decisions using a technical analysis approach in the cigarette industry listed on the Indonesia Stock Exchange. The type of research used is applied research with quantitative descriptive analysis. In this study, samples were taken based on the purposive sampling method using the cigarette industry from December 2015 to January 2023. The results showed that the samples studied indicated that Wismilak Inti Makmur was in a bullish phase which indicated that Wismilak Inti Makmur was in an increasing share price.

Keywords— Investing Decisions, Cigarette Industry, Technical Analysis

 

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan investasi saham dengan pendekatan analisis teknikal pada industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel diambil berdasarkan metode Purposive Sampling dengan menggunakan industri rokok dari Desember 2015 sampai dengan Januari 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sampel yang diteliti menunjukkan bahwa Wismilak Inti Makmur sedang dalam keadaan fase bullish  yang mengindikasikan bahwa Wismilak Inti Makmur berada dalam kenaikan harga saham. 

Kata Kunci—keputusan investasi, industri rokok, analisis teknikal


Full Text:

PDF

References


H. HABIBURRAHMAN, “Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Properti Di Bursa Efek Indonesia,” J. Manaj. dan Bisnis Univ. Bandar Lampung, vol. 5, no. 2, pp. 112–129, 2015.

M. Ulil and W. Savitri, “Analisis Teknikal dan Money Management dalam Pengambilan Keputusan Berinvestasi Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia ( Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index ),” vol. 20, no. 4, 2022.

D. J. Sulistio, “Kombinasi Analisis Fundamental dengan Analisis Teknikal dalam menghasilkan Return Saham,” Account. Bus. Inf. Syst. J., vol. 8, no. 2, pp. 1–16, 2020.

A. R. Makkulau and I. Yuana, “Penerapan Analisa Fundamental dan Technical Analysis Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Keinginan Investasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah,” YUME J. Manag., vol. 4, no. 3, pp. 165–180, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.