Pemodelan Permainan Connect Four menggunakan Algorithma Genetik dengan Algoritma Minimax

Andrew Mahisa Salim(1), Frederikus Judianto(2), Andre Wirawan(3), Samuel Lukas(4*), Petrus Widjaja(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Connect Four adalah sebuah permainan logika menggunakan papan sederhana yang populer. Paper ini mengungkapkan pemodelkan kecerdasan buatan yang mampu bertindak sebagai pemain lawan dalam permainan Connect Four. Kecerdasan buatan diimplementasikan menggunakan Genetic Algorithm (GA), dengan metode heuristik menerapkan Algoritma Minimax. Proses seleksi dalam GA menggunakan 2 metode, yaitu metode better half dan metode stochastic universal sampling. Penelitian
juga membandingkan kecerdasan algoritman hibrid ini dengan kecerdasan yang hanya menggunakan Algoritma Minimax. Hasilnya memperlihatkan untuk kedalaman pencarian yang sama, kecerdasan keduanya relatif sama namun algoritma yang dikembangkan memberikan variasi yang lebih baik. Sehingga dapat dikatakan pemodelan yang dihasilkan mampu bertindak sebagai pemain lawan dalam connect four yang baik, yang memiliki variabilitas yang cukup tinggi dikarenakan sifat acak dari Genetic Algorithm.

Full Text:

PDF

References


Stefan Edelkamp and Peter Kissmann, “On the Complexity of BDDs for State Space Search: A Case Study in Connect Four”, Proceedings of the Twenty-Fifth AAAI Conference on Artificial Intelligence, 2011

Victor Allis, “A Knowledge-based Approach of Connect-Four, The Game is Solved: White Wins”, Master thesis, Department of Mathematics and Computer Science, Vrije Universiteit Amsterdam, Netherlands, 1988.

Mohamed F. Abdelsadek, “Using Genetic Programming to Evolve a Connect-4 game player”, Department of Computer Science, Columbia University.

Kirk Baly, Andrew Freeman, Andrew Jarratt, Kyle Kling, Owen Prough, Greg Hume, “Teaching Computers to Think: Automated Analysis of Connect Four”, Research in Computer Science, 2012.

Halim Andrew Mahisa, Frederikus Judianto, Samuel Lukas, Petrus Widjaja, “Pemodelan dan Pengimplementasian Permainan Connect Four” Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, ITN Malang, 2017

R. Sivaraj, T. Ravichandran, A Review of Selection Methods in Genetic Algorithms. Journal of Engineering Science and Technology, 2011.

S.Forrest, Genetic Algorithms: Principles of Natural Selection Applied to Computation. In Science, New Series, Volume 261, Issue 5123, 1993


Refbacks

  • There are currently no refbacks.