Pengaruh Strategi Komunikasi Perusahaan dan Kreasi Nilai Pelanggan terhadap Pembentukan Reputasi Perusahaan (Case Study)

Syaifuddin Syaifuddin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen bertanggung jawab mendapatkan pendanaan untuk investasi dan pengembangan perusahaan. Salah satu sumber pendanaan adalah pasar modal. Manajemen telah menyiapkan langkah strategis diantaranya melakukan Initial Public Offering (IPO) saham pada tahun 2019. Dengan terdaftarnya saham perusahaan di Bursa Efek, dapat mempercepat kemajuan perusahaan dimana perusahaan mendapatkan suntikan dana untuk investasi dan membiayai aktivitas bisnis. Salah satu aspek penting dalam proses IPO adalah reputasi perusahaan. Len Industri terus berupaya meningkatkan reputasi perusahaan di mata stakeholder. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi komunikasi dan kreasi nilai pelanggan terhadap reputasi perusahaan. Penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survei deskriptif dan eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dan kreasi nilai pelanggan berpengaruh terhadap pembentuk reputasi perusahaan sebesar 53,7%. Pengaruh secara parsial strategi komunikasi perusahaan terhadap reputasi perusahaan sebesar 47,2%.

Full Text:

PDF

References


Argenti P. A. Komunikasi Korporasi. Edisi ke 5. Jakarta: Salemba Humanika. 2010.

Benita Steyn. From Strategy to Corporate Communication Strategy: A Conceptualisation. The 9th International Public Relations Research Symposium. Lake Bled. 2002.

Dortok, Arin. A Managerial Look at the Interaction Between Internal Communication and Corporate Reputation Review. 2006: 322-338, 265.

Duchessi, Peter. Crafting Customer Value: The Art and Science. Mumbai: Jaico Publishing House. 2002.

Goczol, J; Scoubeau. Corporate communication and strategy in the field of projects. Corporate Communications 8.1. 2003: 60-66.

Goodman, Michael B. Corporate Communication For Executives. New York: SUNY Press. 2006.

J. Brock Smith & Mark Colgate. Customer Value Creation: A Practical Framework. Journal of Marketing Theory and Practice. 2007.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc. 2016.

Moss Danny, Gary Warnaby dan Louise Thame. An exploratory investigation of the role of public relations in the UK retail sector. Manchester: The Manchester Metropolitan University. 2006.

Poerwanto, Zakaria. Komunikasi Bisnis-Persepktif Konseptual dan Kultural. Jakarta: PT Pustaka Pelajar. 2014.

Rencana Jangka Panjang Perusahaan PT Len Industri (Persero) 2017 – 2022.

Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2007.

Sumarwan, Ujang, dkk. Riset Pemasaran dan Pelanggan: Panduan Riset dan Kajian; Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press. 2009.

Wiedmann, K.P., Hennigs, N., Siebels, A. What is the Value of Luxury? A Cross-Cultural Consumer Perspective, Psychology and Marketing. 2012: 1018-1034.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.