Analisis Kualitas Website STIA Satya Negara Palembang Menggunakan Webqual Dan Importance Performance Analysis
Abstract
STIA Satya Negara menyediakan layanannya melalui website untuk sarana informasi komunikasi dan promosi kepada para pelanggan atau calon mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas website STIA Satya Negara Palembang berdasarkan metode WebQual 4.0 dengan dimensi Usability, Information, dan Service Interaction serta metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan pendekatan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan yang memperlihatkan adanya kesenjangan (gap) antara dua perspektif penilaian antara tingkat kinerja (performance) atau kualitas aktual yang dirasakan oleh pengguna dan tingkat kepentingan (importance) atau kualitas ideal yang diharapkan. Secara keseluruhan, selisih dari kedua perspektif penilaian ini atau gap bernilai negatif dengan nilai sebesar –(1,00). Berdasarkan penilaian ketiga dimensi pengukuran, dimensi usability memiliki nilai selisih atau gap –(1,13), dimensi information memiliki nilai selisih sebesar –(0.80) dan dimensi service interaction memiliki nilai selisih paling besar sebesar –(1,08). Artinya kualitas aktual yang dirasakan belum bisa memenuhi kualitas ideal yang diinginkan pengguna website STIA Satya Negara Palembang.References
Alexander F. K. Sibero. Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta. MediaKom. 2011.
Abbas, Wahidin. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). SNST 2013.
Sari, Diana Puspita dan Andry Harmawan. “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Dengan Metode Servic Quality dan Triz (Study Kasus Di RS Muhammadiyah Roemani)”. Semarang. 2012.
Martilla, John A. and James, John C. “Importance-Performance Analysis”. Journal of Marketing. 1977. Januari: pp. 77 – 79.
Latu, T.M. dan Everett, A.M., Review of Satisfaction Research and Measurement Approaches. Wellington, New Zealand. Departement of Conservation. 2000.
Martinez, C.L. Evaluation Report: Tools Cluster Networking Meeting #1, CenterPoint Institute, Inc., Arizona. 2003.
Brandt, D.R. An “Outside-In” Approach to Determining Customer Driven Priorities for Improvement and Innovation, White Paper Series, Volume 2 – 2000.2000.
Santoso, Budi Setiawan, Anwar ,Muhammad Fauzi. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance - Performance Analysis (Ipa) Pada Situs Kaskus. National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE). At University Club Hotel – Yogyakarta. 2015.