Pembuatan Game Budaya Dawan Berbasis Multimedia
Abstract
Budaya merupakan salah satu unsur penting sebagai ciri khas dan identitas suatu daerah. Pengenalan budaya pada anak dinilai dapat mengajarkan anak mengenai makna keberagaman dan juga mengajarkan anak lebih menerima setiap perbedaan yang dimiliki. Selain anak mendapatkan pelajaran dari pendidikan formal, anak-anak dapat mengenal media lain sebagai media pembelajaran alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun suatu desain aplikasi sebagai fasilitas pengenalan dan pelestarian budaya khususnya budaya Dawan. Metode pembelajaran interaktif melalui aplikasi permainan dapat mengembalikan minat anak-anak mengenal serta belajar tentang budaya Dawan yang ada di Timor Tengah Utara. Pembuatan aplikasi ini dengan metode pengembangan multimedia, serta metode angket untuk penilaian aplikasi terhadap end user. Obyek penelitian anak Sekolah Dasar kelas V. Aplikasi ini berbentuk file berekstensi .swf. Media pembelajaran ini bisa menjadi media pembelajaran alternatif yang membantu siswa dalam pengenalan keanekaragaman budaya Dawan.References
Meolbatak Emiliana, Bria Yulianti. Pembelajaran Alternatif Untuk Meningkatkan Self Motivated Learning Dan Self Regulated Learning. Jurnal Media Teknika. tahun; 2016 vol. 11 (no 2): halaman 83
Hary.L , garinda kacolo. metode pembelajaran interaktif aksara jawa menggunakan macromedia flash 8 (studi kasus SMPN I Tawangsari ), Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2010
Affandi Nurrachman, analisis dan perancangan game edukasi petualangan panda untuk anak usia 5-10 tahun menggunakan macromedia flash. Skripsi tesis. Yogyakarta, STIMIK AMIKOM;2009
Melalatoa Junus M. Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia, Depertemen Pendidikan dan kebudayaan RI, 2010
Pramono. Andi, Berkreasi Animasi dengan Macromedia Flash MX, Yogyakarta: Andi; 2016
Downloads
Published
2018-03-08
Issue
Section
Articles